JawaPos.com- Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Gresik akan memiliki nakhoda baru. Setelah mengalami kekosongan selama dua bulan lebih pasca kepergian almarhum Heru Winoto, posisi tersebut akan diisi Muhammad Hamdan Saragih yang dijadwalkan dilantik hari ini (9/3).

Kabar tersebut disampaikan Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Gresik Dymas Adji Wibowo. Itu sesuai Surat Keputusan Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor: KEP-VI-171/C/02/22. Prosesi pelantikan dan pengukuhan akan digelar di kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Timur di Surabaya. ’’Kemudian dilanjutkan dengan serah terima jabatan di kantor Kejari Gresik,’’ tuturnya.

Dymas menjelaskan bahwa Hamdan sebelumnya menjabat Kajari Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan, selama kurun waktu 1 tahun 10 bulan. ’’Dikenal sebagai sosok yang bersahaja, tetapi tegas dalam menegakkan hukum,’’ ucapnya.

Hal tersebut menjadi modal besar untuk menggantikan sosok Heru Winoto yang berpulang akibat sakit yang dialami pada 17 Desember 2021. Apalagi, pria 52 tahun itu dikenal sebagai sosok ’’bapak’’ di jajaran Forkopimda Gresik.

Selain faktor usia paling senior, kepribadiannya yang tenang dan bijaksana menjadi panutan bagi para pimpinan lembaga lainnya dalam menyikapi berbagai hal. Heru mengabdi di Kota Pudak sejak November 2019.

Pasca kepergiannya, kursi Kajari Gresik sempat diisi Pelaksana Tugas (Plt) Ahelya Abustam dari Kejaksaan Tinggi Jawa Timur.

By admin