JawaPos.com – Di saat sejumlah negara di dunia sudah mulai melakukan pelonggaran pembatasan, para ahli mengingatkan bahwa sifat virus selalu bermutasi termasuk Covid-19. Berdasar itu, ancaman varian selanjutnya setelah Delta dan Omicron tetap saja ada. Kabar baiknya, sejumlah negara sudah mulai melaporkan penurunan kasus.

“Saya pikir tidak dapat dihindari bahwa kita akan melihat varian baru dengan berbagai tingkat penghindaran kekebalan,” kata ahli evolusi virus di University of Edinburgh, Inggris, Andrew Rambaut, seperti dilansir Nature.

“Mereka bisa muncul dari mana saja ketika ada penularan yang meluas,” imbuhnya.

Lantas, kapan varian berikutnya akan muncul? Ahli menegaskan tak ada cara untuk mengetahui dengan pasti kapan suatu varian akan menjadi dominan, atau naik jadi Variant Of Concern (VOC). Publik paling akrab dengan subvarian dominan pertama Omicron dan Delta.

Akan tetapi, para peneliti telah melacak sejumlah subvarian terkait. Di Inggris Raya misalnya. Satu varian Delta yang disebut AY.4 sedang dalam proses digantikan dengan cepat oleh yang lain, yang disebut AY.4.2, pada akhir tahun 2021.

“Dan kemudian Omicron datang dan meledak begitu saja,” kata ahli bioinformatika Andrew Page di Institut Quadram di Norwich, Inggris.

“Sejarah virus ini menunjukkan bahwa varian baru akan menghapus setiap beberapa bulan,” kata Page. “Tampaknya terjadi cukup teratur. Dan mungkin akan terus berjalan,” imbuhnya.

Akan tetapi, apakah varian itu akan naik ke level varian yang menjadi perhatian tetap menjadi pertanyaan terbuka. Saat ini, garis keturunan BA.1 Omicron yang asli sedang digantikan oleh yang lain, yang disebut BA.2. Garis keturunan ini, meskipun mungkin lebih menular daripada BA.1,

“Karena Omicron cenderung menghasilkan penyakit yang relatif ringan, orang cenderung tidak mencari tes, dan pemerintah menjadi kurang proaktif dalam mendorong tes,” kata ahli di Inggris.

Pada akhirnya, ini akan melemahkan upaya pengawasan genomik SARS-CoV-2. Ketika Omicron ditemukan, alarm berbunyi sangat cepat, kata Page, tetapi di masa depan, dibutuhkan waktu berminggu-minggu lebih lama untuk menyadari varian baru yang menjadi perhatian sedang terjadi.

Akankah varian berikutnya menyebabkan penyakit parah?, Omicron lebih kecil kemungkinannya menyebabkan penyakit parah. Tidak ada jaminan bahwa varian dominan berikutnya akan tumbuh dari cabang Omicron ringan dari pohon keluarga SARS-CoV-2.

“Ada kemungkinan bahwa varian selanjutnya mungkin kembali ke garis keturunan Delta atau Alpha, dengan penghindaran kekebalan yang cukup untuk menghapus Omicron,” kata Rambaut.

Ahli imunologi Wendy Burgers di University of Cape Town di Afrika Selatan mengatakan beberapa penelitian pada hewan, misalnya, telah menemukan bahwa Omicron lebih kecil kemungkinannya mempengaruhi paru-paru, dibandingkan varian sebelumnya.

“Apakah varian mutasi berikutnya memiliki sifat yang berbeda? Tak ada jaminan, mungkin tidak lebih buruk.
Kami tahu banyak tentang manusia, tetapi viruslah yang tidak dapat diprediksi. Dan saya sedikit takut akan hal itu,” beber Burgers.

By admin