JawaPos.com – Pemerintah terus berupaya menjaga stabilitas harga bahan pangan dan memastikan kesediaannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Berbagai kebijakan yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan masyarakat diterapkan dan dievaluasi seiring dengan pemberlakuannya.

Salah satu kebijakan yang diterapkan adalah melakukan Operasi Pasar. Hal ini merupakan upaya memastikan ketersediaan bahan pangan pokok bagi masyarakat dengan harga terjangkau.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pun telah meninjau pelaksanaan operasi pasar di beberapa daerah untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga pangan masyarakat terjaga dan merata di seluruh Indonesia.

Beberapa lokasi operasi pasar tersebut di antaranya, Pasar Rakyat Phula Kerti Denpasar, Pasar Cileungsi Bogor, Pasar Wonokromo Surabaya, Pasar Motor Kijang Kabupaten Bintan, Pasar Kangkung Lampung dan Pasar Bawah Pekanbaru.

Airlangga juga meninjau langsung operasi pasar yang digelar di Pasar Alang-Alang Lebar Palembang. Dalam operasi pasar tersebut terdapat 14.000 liter minyak goreng kemasan, 8.000 liter minyak goreng curah, 6 ton beras dan 2 ton gula pasir yang disalurkan.

“Pemerintah terus melakukan evaluasi terhadap kebijakan yang sedang diberlakukan,” kata dia, Minggu (6/3).

Pelaksanaan ini bekerja sama dengan lintas kementerian, antara lain Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan, dan didukung oleh Perum BULOG wilayah Sumatera Selatan. Dirinya juga mendengarkan masukan para pedagang dan pembeli agar kebutuhan pokok dapat tetap tersedia dengan harga normal.

“Tentu tadi harapan masyarakat agar continue supply terhadap kebutuhan-kebutuhan pokok ini termasuk minyak goreng ini bisa tersedia,” tegasnya.

By admin