JawaPos.com – Pep Guardiola termasuk salah seorang tactician yang pernah jadi saksi rivalitas Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di kompetisi domestik. Tetapi, setelah hengkang dari FC Barcelona pada musim panas 2012, Pep cuma bersua dengan Ronaldo di kompetisi Eropa.

Musim ini Ronaldo ’’bersatu’’ dengan Pep di Premier League.

Malam nanti (6/3) di Etihad Stadium, Pep akan menjajal Ronaldo yang berkostum Manchester United (siaran langsung SCTV/Mola TV pukul 23.30 WIB).

Pada pertemuan pertama di Old Trafford, Pep membawa The Cityzens –julukan City– menang 2-0 (6/11).

Tanpa Lionel Messi, Pep membuat ’’Messi’’ lain di klub yang dilatihnya. Menurut klaim wide attacker City Jack Grealish seperti dikutip Manchester Evening News, Phil Foden punya kemampuan seperti La Pulga –julukan Messi.

’’Umpannya sudah seperti Messi,’’ kata Grealish. Umpan long ball Foden dari tengah lapangan di menit ke-67 kepada Grealish sukses dikonversi untuk menambah keunggulan City jadi 2-0 saat bertemu Peterborough United Rabu (2/3) lalu pada putaran kelima Piala FA.

Foden tidak hanya meniru gaya mengumpan Messi dari video. Foden pun telah lama disandingkan dengan sosok mesin gol di La Blaugrana –julukan Barca– tersebut.

Demikian pula postur tubuh dan kegesitannya saat bergerak di lini permainan The Cityzens (julukan City).

Akhir pekan lalu (27/2) Foden jadi penentu kemenangan City atas Everton. Itu adalah gol kedua Foden di Premier League sejak 2022.

Satu gol lebih banyak ketimbang yang disumbangkan CR7 bagi Manchester United sejak 2022. ’’Dia (Ronaldo, Red) salah satu pemain terhebat dalam 15 tahun terakhir bersama Messi.

Apa yang sudah dicapai keduanya (Messi-Ronaldo) tak akan bisa disaksikan kembali,’’ ungkap Pep seperti yang dikutip dari laman Manchester Evening News.

Pep enggan menutup mata dengan ancaman Ronaldo walaupun sang megabintang tak pernah lagi jadi pembeda dalam laga-laga big match Premier League.

Kali terakhir gol di laga big match matchweek 14 dia ciptakan ke gawang Arsenal (3/12).

’’Aku masih ingat saat kami main di derbi ini dan unggul 1-0 dengan memegang kontrol permainan. Kemudian, dia (Ronaldo, Red) menguasai bola langsung membuat peluang,’’ tutur Pep.

’’Beruntung, Eddy (Ederson, Red) mampu mencatat penyelamatan gemilang,’’ kenang Pep soal derbi Manchester pertama Ronaldo setelah come back ke Premier League November lalu.

Sang Filsuf –julukan Pep– tetap menganggap Ronaldo yang ada di hadapannya nanti tak jauh beda seperti Ronaldo yang jadi lawan Messi dulu.

’’Dia (Ronaldo, Red) mampu mengatasi tekanan tanpa masalah. Dia sudah terbiasa hidup dengan ekspektasi sepanjang kariernya dan selalu meresponsnya dengan cara positif,’’ sambung Pep.

Berbicara kepada Sky Sports, Foden mengungkap instruksi Pep kepadanya ketika sukses membungkam Ronaldo tanpa gol dalam derbi.

Perannya pun mirip dengan peran Messi ketika masih di Barca. ’’Aku dan Gabby (Gabriel Jesus, Red) diminta untuk menekan fullback. Susah andai mereka (United) bermain dengan lima pemain bertahan,’’ tutur Foden.

’’Kami tahu kami bisa mengeksploitasi lini belakang United. Kami harus mencari momen yang tepat untuk melakukannya.”

”Mereka beberapa kali menemukanku di lini belakang. Pada lain hari, aku berharap aku dapat menuntaskan peluangku,’’ lanjut pemain yang baru berusia 21 tahun itu.

Ronaldo punya catatan kurang soal produktivitas saat lawan City.

Setelah dia pergi dari Carrington (tempat kamp latihan United) pada musim panas 2009, saat bermain versus City di kompetisi Eropa, Ronaldo tak pernah membobol gawang City.

By admin