JawaPos.com-Dalam dua hari terakhir, banyak meme yang beredar dalam bahasa Indonesia dan Inggris terkait pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin soal Piala Dunia 2022 di Qatar.

Dalam meme tersebut tertulis penyataan Putin yang berbunyi, “Jangan berani-berani mencampuri urusan militer. Sepak bola tetap sepak bola (jangan disangkutpautkan dengan politik). Rusia akan tetap bermain di Piala Dunia FIFA 2022 Qatar. Jika berani menghalangi kami, maka tidak akan ada Piala Dunia 2022 untuk dibicarakan.”

Namun menurut Pesacheck yang dilansir The Star, kutipan Putin dalam meme tersebut adalah hoax. Sumbernya tidak jelas. Siapa yang kali pertama membuat dan menyebarkan meme itu juga misterius.

FIFA memang mencoret Rusia dari babak playoff Piala Dunia 2022 zona Eropa. Seharusnya Rusia akan menghadapi Polandia pada 24 Maret mendatang.

Namun, dengan sanksi ini, maka Polandia akan langsung maju ke final untuk berhadapan dengan pemenang antara Swedia dan Republik Ceko.

Polandia sendiri sebelumnya menolak bertanding melawan Rusia. Bagi Polandia, itu adalah bentuk solidaritas terhadap bangsa Ukraina.

Satu-satunya tanggapan terhadap sanksi FIFA tersebut adalah pemerintah Rusia akan mengajukan banding di Badan Arbitrase Olahraga alias CAS.

Selain itu, berdasarkan penelusuran Factcheck, Putin juga tidak pernah mengeluarkan pernyataan soal sanksi FIFA kepada Tim Nasional Rusia.

Secara umum Putin mengatakan bahwa semua bentuk sanksi kepada Rusia harus dihentikan. Sebab, dia tidak memiliki maksud yang buruk dan niat menyakiti Ukraina.

“Kami tidak memiliki niat jahat kepada tetangga kami. Tidak perlu ada aksi lagi yang lebih jauh dari para tetangga kami. Sebab itu akan membuat hubungan kami makin memburuk,” ucap Putin sebagaimana dilansir BBC.

By admin