JawaPos.com – Penyelenggara Mobile World Congress (MWC) 2022 telah mengumumkan melarang beberapa perusahaan Rusia ikut serta dalam pameran di Barcelona, ​​Spanyol. MWC 2022 dimulai pada Senin (28/2) waktu setempat.

Partisipasi Rusia di MWC 2022 dibatasi oleh penyelenggara yakni GSMA. Panitia mengambil langkah ini menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

GSMA senada dengan banyak negara lainnya yakni mengutuk keras invasi Rusia ke Ukraina. “Situasinya bergerak cepat, dan kami memahami bahwa berbagai pemerintah sedang mempertimbangkan sanksi yang lebih luas terhadap Rusia,” kata penyelenggara dalam sebuah pernyataan.

Mengingat situasi yang muncul ini dan mempertimbangkan hilangnya nyawa, sikap GSMA atas sanksi kehadiran Rusia di MWC 2022 dinilai sudah tepat oleh banyak partisipan dari negara lainnya.

“GSMA mengikuti semua sanksi dan kebijakan pemerintah yang dihasilkan dari situasi ini. Tidak akan ada Paviliun Rusia di MWC22. Keamanan untuk acara terus ditinjau dan disesuaikan saat informasi muncul,” lanjut penyelenggara.

Dengan ditutupnya wilayah udara di beberapa bagian Eropa, terutama bagian timur, di tengah perang Rusia-Ukraina yang sedang berlangsung, MWC 2022 berada dalam posisi yang sulit. MWC 2022 digelar dengan kombinasi acara tatap muka dan virtual atau hybrid. Pameran akan berakhir pada 3 Maret mendatang.

Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa (EASA) mengatakan langit dan wilayah udara Ukraina di Rusia dan Belarus dalam jarak 100 mil laut dari perbatasan dengan Ukraina dapat menimbulkan risiko. Oleh karenanya, penerbangan Inggris ke dan melalui Rusia telah dilarang oleh otoritas penerbangan sipil negara itu sebagai pembalasan atas larangan Inggris terhadap Aeroflot di bandara dan wilayah udara Inggris. Para ahli mengatakan acara itu terus berlanjut tetapi pendekatan yang hati-hati sangat penting saat ini.

Acara ini diharapkan memiliki lebih dari 1.800 peserta dan peserta pameran dari 183 negara yang berbeda. Banyak nama besar industri seperti Google, Samsung, OPPO, Nokia, Ericsson dan Meta (sebelumnya Facebook) hadir tahun ini.

By admin