Menko PMK Minta BNPB Suplai Kebutuhan Tenda

JawaPos.com – Hingga kemarin (27/2), dampak gempa di Pasaman Barat (Pasbar) belum didata secara detail. Pemkab masih berfokus pada penanganan warga yang mengungsi. Tercatat, lebih dari 6.000 warga harus tinggal di lokasi pengungsian.

”Fokus penanganan korban dulu karena terlalu banyak yang mengungsi. Ini harus kami selesaikan kebutuhannya,” kata Bupati Pasbar Hamsuardi dilansir dari Padang Ekspres kemarin.

Ribuan warga tersebut terpaksa mengungsi ke sejumlah tenda pengungsian karena tidak lagi memiliki rumah. Gempa bermagnitudo 6,1 yang mengguncang Pasaman Barat pada Jumat (25/2) memorak-porandakan ribuan rumah warga dan sejumlah fasilitas umum. Kerusakan parah terjadi di Kecamatan Talamau. Tepatnya di Nagari Kajai dan Nagari Timbo Abu.

Hamsuardi menyampaikan, survei kerusakan akan mulai dilakukan pada Rabu (2/3). Nanti ditentukan kategori rusak berat, sedang, atau ringan. ”Kami harapkan Rabu nanti warga sudah bisa pulang ke rumah dan membuat tenda di depan rumah masing-masing,” tuturnya.

Dia menyebutkan, terdapat sebelas titik sebaran logistik di tiga kecamatan. Yakni, Kinali, Talamau, dan Pasaman. Pihaknya berharap bantuan logistik itu dapat memenuhi kebutuhan para korban. ”Jadi, nanti dari 11 titik, didistribusikan ke masyarakat,” ujarnya.

Skala bantuan logistik yang menjadi prioritas diutamakan kebutuhan pokok. Mulai logistik siap saji maupun yang perlu dimasak seperti beras, telur, dan kebutuhan lain.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan, fokus pemerintah saat ini adalah penanganan korban cedera, pengungsi rentan seperti perempuan, anak, lansia, dan penyandang disabilitas, serta pemenuhan kebutuhan pokok pengungsi. ”Kondisi kerusakan saat ini didata. Sesuai dengan standar penanganan bencana yang pertama-tama harus ditangani adalah korban,” jelasnya.

Menurut dia, saat ini kebutuhan mendesak bagi korban adalah pakaian, sanitasi, dan tempat tinggal sementara berupa tenda pengungsian. ”Saya sudah meminta kepala BNPB segera menyuplai kebutuhan tenda untuk hunian sementara pengungsi itu,” ungkapnya.

By admin