JawaPos.com – Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf mengatakan wacana penundaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sangatlah masuk akal. Hal ini karena beragam persoalan yang dihadapi bangsa dalam beberapa waktu terakhir.

Atas dasar itu, Gus Yahya menilai bahwa usulan penundaan Pemilu 2024 tersebut perlu didiskusikan bersama. “Ada usulan penundaan pemilu dan saya rasa ini masuk akal mengingat berbagai persoalan yang muncul dan dihadapi bangsa ini,” ujar Gus Yahya dikutip Antara, Senin (28/2).

Menurut Gus Yahya usulan penundaan pemilu ini dapat didudukkan bersama oleh seluruh pihak. “Nanti kita lihat apa saja yang perlu dilakukan untuk mengurangi beban bangsa ini,” katanya.

Gus Yahya menuturkan semua pihak dapat melihat banyak cobaan yang datang bertubi-tubi dan musibah terjadi tidak hanya di Indonesia, namun juga dirasakan di seluruh dunia. Mulai dari pandemi Covid-19 kemudian banjir beberapa waktu lalu serta gempa bumi pada saat ini.

“Kunci hadapi harus luwes dan ulet, supaya bisa mengatasi beban yang ada,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyebut Pemilu kerap mengganggu aktivitas ekonomi. Ia juga mengatakan momentum perbaikan ekonomi tidak boleh terganggu pesta politik.

Atas dasar itu, ia mewacanakan agar Pemilu 2024 diundur. Wacana senada juga dilontarkan politikus PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

By admin