JawaPos.com – Investasi pasar modal saat ini makin banyak diminati oleh masyarakat dari berbagai usia. Sepanjang 2021, investor pasar modal meningkat di atas 90 persen. Ada beberapa tips cara mendapatkan untung dari trading investasi saham yang bisa Anda ikuti sebagai pemula.

Pertama, pelajari terlebih dahulu terkait risiko dan benefit dari investasi pasar modal. Literasi, keberanian, dan konsistensi harus dimiliki oleh para investor karena investasi pasar modal merupakan investasi berisiko tinggi.

Kedua, gunakan teknik swing trading. Swing trading merupakan salah satu strategi jual-beli saham dalam dunia pasar saham, dimana aset yang ingin diperjualbelikan akan ditahan (hold) selama beberapa hari atau beberapa minggu lalu akan dijual pada saat harga saham tersebut mencapai nilai yang tertinggi.

Ketiga, tak perlu modal yang besar. Hanya bermodal ratusan ribu hingga Rp 1 juta. Trading saham small caps dengan analisa yang matang dan perhitungan risiko dan keuntungan yang memadai juga mempengaruhi kesuksesan bermain saham.

“Bagi pemain awam, disarankan agar memilih perusahaan yang baru saja menggelar IPO,” tips dari Ternak Uang, dikutip Senin (28/2).

Terakhir, investor juga dapat menggunakan metode scalping. Scalping sendiri, yaitu membeli dan menjual saham dalam jangka waktu yang relatif pendek. Seorang trader harus memperhatikan beberapa hal ketika menggunakan teknik scalping.

Sehingga, para investor harus mengetahui terlebih dahulu tren sahamnya. Pahami tipikal sahamnya, lalu cari saham yang memiliki momentum bergerak naik.

Selanjutnya, investor juga perlu mellihat broksum (broker summary) agar bisa memberikan gambaran market, pahami sektor saham yang sedang ramai, serta lakukan screening saham. “Jika menggunakan metode ini, seorang trader harus disiplin dengan trade plan yang telah dibuat. Jika market berbalik arah (turun), segera lakukan cut loss,” pungkasnya.

By admin