JawaPos.com – Sebanyak 76 Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Gresik dilantik. Agenda itu dilaksanakan di Aula Darunnadwah Rusyaifah, Pondok Pesantren (Ponpes) Mambaus Sholihin, Desa Suci, Kecamatan Manyar, kemarin (27/2).

Semangat gerak cepat menjadi jargon utama dalam kerja kepengurusan dengan masa khidmat 2021–2026. Sejumlah tokoh penting turut hadir dalam kegiatan tersebut. Khususnya para ulama dan umara Gresik.

Beberapa tokoh itu antara lain Pengasuh Ponpes Mambaus Sholihin KH Masbuhin Faqih, perwakilan PBNU KH Miftah Faqih, Sekda Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman, Ketua MUI Gresik KH Mansoer Shodiq, Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, Ketua DPRD Gresik M. Abdul Qodir, serta beberapa tokoh nahdliyin dan pengurus NU Gresik.

Dalam sambutannya, Ketua Tanfidziyah PCNU Gresik KH Mulyadi berkomitmen memperkuat kolektivitas taaruf bersama organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Gresik demi membangun Kabupaten Gresik. ’’Penguatan itu akan diselaraskan dengan beberapa program di sejumlah lembaga di PCNU Gresik,’’ jelasnya.

Salah satunya memperkuat sinergi konektivitas sesuai arahan PBNU. Yakni, Merawat Jagat dan Membangun Peradaban. Rencana yang dilakukan, antara lain, pembangunan Rumah Sakit Nahdlatul Ulama Gresik yang masih memasuki proses penyelesaian lahan. ’’Semoga di tahun 2023 bisa mulai dibangun. Kita semarakkan program PCNU di HUT ke-48 Gresik dan harlah ke-535 Kabupaten Gresik,’’ ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wabup Gresik Aminatun Habibah berharap para pengurus PCNU Gresik bisa amanah dan membawa keberkahan bagi masyarakat Gresik. Khususnya menjaga sinergisitas bersama pemerintah.

’’Dalam waktu dekat, kolaborasi dan sinergisitas akan dilakukan dengan PCNU Gresik. Yakni, untuk pengembangan pasar ikan bandeng di Gresik,’’ ucapnya.

Bahkan, mewakili pemerintah daerah, secara simbolis pihaknya memberikan 96 motor bantuan dari Pemkab Gresik. Seluruhnya akan didistribusikan ke MWC dan Badan Otonomi (Banom) NU Gresik. Diharapkan, para pengurus PCNU turut serta dalam pembangunan Kabupaten Gresik.

’’Keberadaan PCNU sangat berarti bagi kami. Jadi, tidak salah jika pemda ingin memberikan kontribusi terbaik,’’ pungkasnya.

By admin