JawaPos.com- Unit Reskrim Polsek Manyar, Gresik, berhasil mengamankan Riki Ardiansah, bandit spesialis pembobolan toko. Sabtu (26/2), pemuda 27 tahun itu dibekuk setelah menggasak puluhan barang di Toko Sumber Rejeki, Kecamatan Manyar, dengan total nilai Rp 7 juta.

Kanitreskrim Polsek Manyar Iptu Joko Suprianto menjelaskan, pelaku beraksi pada 16 Januari lalu. Riki nekat menjebol tembok belakang toko yang berada di kawasan Jalan Raya Sukomulyo pada dini hari. ’’Memakai palu dan obeng agar bisa masuk dan melancarkan aksinya,’’ terang Joko.

Setelah berhasil masuk, warga Desa Gumeno, RT 10, RW 4, Kecamatan Manyar, tersebut langsung menguras stok rokok berbagai merek di toko milik Achmad Syafi’i. Total kerugian mencapai Rp 7 juta.

’’Untung, di lokasi kejadian ditemukan barang bukti milik pelaku. Itu menjadi petunjuk kami dalam memburu pelaku,’’ papar perwira dengan dua balok di pundak tersebut.

Mantan Kanit Pidum Satreskrim Polres Gresik itu mengatakan, Riki cukup lihai dalam menghilangkan jejak. Gerak-geriknya baru terbaca petugas sebulan berselang. ’’Tanpa perlawanan, penangkapan dilakukan di kawasan Jalan Raya Sukomulyo. Sebagian barang curian sudah dijual dengan harga yang relatif murah,’’ tutur Joko.

Di hadapan petugas, pemuda penganggur itu mengaku beraksi sendirian. Faktor ekonomi membuat nyalinya meningkat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Perbuatan Riki pun dinilai memenuhi unsur pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. ’’Ancaman hukumannya maksimal 7 tahun penjara,’’ pungkas Joko. 

By admin