JawaPos.com- Berbagai upaya untuk menekan angka kecelakaan di Kota Pudak terus dilakukan. Kemarin (25/2), jajaran Satlantas Polres Gresik menggandeng ibu-ibu PKK Desa Sukomulyo, Kecamatan Manyar. Para petugas memberikan bimbingan dan penyuluhan (binluh) tertib berlalu lintas.

Hal tersebut merupakan upaya preventif untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Emak-emak juga kerap menjadi pemicu kecelakaan karena gaya mengemudi yang kurang memperhatikan kondisi lalu lintas.

’’Meskipun salah, kadang tetap ngotot benar. Sein kiri, beloknya kanan. Ada ambulans emergency atau kawalan polisi, tapi tidak mau mengalah,’’ ujar Kanitkamsel Iptu Sri Maryani saat menyampaikan materi.

Hal tersebut pun direspons dengan penuh tawa oleh ibu-ibu yang hadir di Balai Desa Sukomulyo. Bukti bahwa mereka mengakui kesalahan saat berkendara di jalan raya. ’’Bahkan saat palang pintu kereta api sudah tertutup, masih nekat diangkat untuk menerobos lewat. Fenomena yang sudah menjadi rahasia umum the power of emak-emak,’’ lanjut perwira polisi berpangkat dua balok itu.

Pihaknya pun mengajak ibu-ibu untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Baik bagi dirinya sendiri maupun edukasi keselamatan bagi keluarga dan lingkungan. Termasuk memberikan pemahaman kepada anak-anak yang belum cukup umur.

’’Peran seorang ibu sangat penting untuk melindungi keselamatan anak. Dengan tidak memberikan fasilitas kendaraan bermotor,’’ harap Maryani.

Hal tersebut merupakan salah satu cara yang efektif untuk menekan angka kecelakaan terhadap pelajar dan anak di bawah umur. Sebab, melakukan upaya keselamatan adalah kewajiban. Sementara itu, lalai atau tidak berusaha menjaga keselamatan adalah kesalahan.

’’Budaya tertib berkendara wajib menjadi perhatian bagi para orang tua,’’ paparnya. 

By admin