JawaPos.com-Sepak bola memang bukan olahraga nomor satu di Filipina. Wajar jika Marwin Angeles kurang begitu populer di Filipina.

Padahal, mantan pemain Venezia, klub Serie A Italia, itu cukup lama bermain di liga profesional Filipina. Tepatnya mulai 2011 hingga 2022. Sejak 2012, pemain 31 tahun itu juga sudah membela timnas Filipina.

Dan sejak awal 2022, Marwin sudah membela Persik Kediri. Dia sudah enam kali tampil bersama skuad berjuluk Macan Putih itu. Marwin menyadari kalau dirinya kurang begitu terkenal di negaranya.

Dia menyebutkan, masyarakat Filipina tidak kenal dengan Marwin si pesepak bola. ’’Masyarakat Filipina hanya mengenal basket dan tinju,’’ terangnya, lantas tertawa.

Tidak heran jika pemain NBA dan Manny Pacquiao lebih dikenal di sana. Mereka lebih dijadikan idola daripada pemain sepak bola timnas Filipina. ’’Ya, tidak seperti Indonesia dan Thailand yang sepak bolanya begitu terkenal,’’ tuturnya.

Pesepak bola kelahiran Italia itu jelas sedih dengan fenomena tersebut. Padahal, sepak bola Filipina punya potensi yang sangat besar.

’’Sayang, fasilitasnya juga kurang,’’ tambahnya. Namun, dia tetap bangga dengan Filipina. Jika tidak dipanggil timnas, Marwin mengaku tidak mungkin bisa bermain di Indonesia.

Karena itu, dia bertekad akan mengambil banyak ilmu selama di Indonesia. Marwin ingin memajukan sepak bola Filipina. ’’Minimal di level yang sama dengan negara tetangga seperti Thailand dan Indonesia,’’ harapnya.

By admin