JawaPos.com – Brigjen TNI Junior Tumilaar mengajukan permohonan pengampunan kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Permohonan ini terkait pelanggaran yang dilakukan Brigjen Junior karena mengurusi sengketa tanah antara warga dengan perusahaan.

Kadispenad Brigjen TNI Tatang Subarna mengatakan, permohonan diajukan Brigjen Junior dengan alasan menderita sakit asam lambung dan tekanan darah tinggi. Selain itu, Brigjen Junior juga akan pensiun pada 3 April 2022.

“Mengenai hal tersebut harus dibuktikan dulu melalui pemeriksaan kesehatan di rumah sakit yang ditunjuk oleh Pengadilan Militer Tinggi II Jakarta tentang layak atau tidaknya Brigjen TNI JT untuk diperiksa di Pengadilan Militer,” kata Tatang dalam keterangan tertulis, Rabu (23/2).

Sementara itu, terkait usia pensiun juga tidak bisa dijadikan alasan. “Usia pensiun prajurit TNI tidak dapat menghentikan proses pemeriksaan di Pengadilan Militer, sepanjang waktu terjadinya tindak pidana (tempos delicti) dilakukan masih menjadi prajurit TNI,” jelas Tatang.

Sebelumnya, Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Puspomad) mengkonfirmasi jika Brigjen TNI Junior Tumilar ditahan di Instalasi Tahanan Militer Puspomad di Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Penahanan ini dilakukan atas perkara Tindak Pidana Militer dugaan penyalahgunaan wewenang dan jabatannya serta menolak atau dengan sengaja tidak mentaati suatu perintah dinas sesuai dengan Pasal 126 dan 103 KUHPM.

Pelanggaran yang dimaksud yakni Brigjen Junior mengurusi sengketa tanah antara warga dengan sebuah perusahaan di Kota Manado, Sulawesi Utara; Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara; dan Bojong Koneng, Jawa Barat. “Penahanan oleh Puspomad dilaksanakan TMT 31 Januari sampai dengan 15 Februari 2022 dan Berkas Perkara atas kasusnya telah dilimpahkan ke Oditur Militer Tinggi II Jakarta,” kata Danpuspomad Letjen TNI Chandra W Sukotjo saay dihubungi, Rabu (23/2).

Penahanan kepada Brigjen Junior dilakukan sampai dengan proses hukum selanjutnya. Di sisi lain, di dalam tahanan Brigjen Junior tengah mengalami penurunan kesehatan.

“Brigjen TNI JT sejak 2 hari lalu mengalami gangguan kesehatan asam lambung dan telah diperiksa oleh Dokter Puspomad serta diberikan pengobatan,” jelas Chandra.

By admin