JawaPos.com – Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akhirnya benar-benar mewujudkan media sosial (medsos) impiannya yang bernama Truth Social. Setelah dikatakan bakal rilis awal tahun ini, Truth Social kini dipastikan telah meluncur untuk pertama kalinya di platform iOS untuk wilayah Amerika Serikat (AS).

Minat Trump pada dunia medsos memang sangat terlihat. Dirinya diketahui rajin tampil di medsos khususnya Twitter dan kerap menyoroti beberapa isu besar langsung dari tangannya sendiri. Hal inilah yang tampaknya membuat Trump ingin membuat platform sejenis dan kemudian lahir lah Truth Social.

Aplikasi ini digadang-gadang sebagai pesaing berat Twitter. Menurut unggahan dari seorang eksekutif pada versi uji yang dilihat oleh Reuters, peluncuran aplikasi ini berpotensi menandai kembalinya Trump ke kancah medsos.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Trump sudah vakum dari jagat medsos selama kurang lebih setahun, setelah seluruh akun media sosialnya dibekukan setelah serangan di Capitol Hill, 6 Januari 2021 lalu. Suami dari Melania Trump ini diduga melakukan ujaran kebencian dan menghasut serangan tersebut.

Dalam serangkaian unggahan yang tampak, chief product officer jaringan Truth Social, dengan akun terverifikasi dan terdaftar sebagai Billy B., menjawab pertanyaan tentang aplikasi dari orang-orang yang diundang untuk menggunakannya selama fase pengujiannya.

Seorang pengguna bertanya kepadanya kapan aplikasi tersebut, yang telah tersedia minggu ini untuk penguji beta, akan dirilis ke publik, menurut tangkapan layar yang dilihat oleh Reuters. “Saat ini kami akan dirilis di Apple App store untuk Senin 21 Februari,” jawab eksekutif tersebut dikutip dari Reuters.

Lalu, apa itu Truth Social?

Mengutip informasi dari situs resminya, Truth Social merupakan platform media sosial yang mendorong percakapan global terbuka, bebas, dan jujur tanpa membeda-bedakan ideologi politik. Secara tampilan dan fungsi, Truth Social tampak sangat mirip dan identik dengan Twitter. Hal itu dapat dilihat dari tangkapan layar dan beberapa fitur yang dimiliiki media sosial ini.

Sementara itu, dilansir dari TheVerge, Truth Social menggunakan istilah Truth untuk unggahan para penggunannya yang ditampilkan di Truth Feed. Sementara pengguna yang ingin berbagi Truth dengan orang lain dapat melakukan ReTruth atau Retweet mirip dengan Twitter.

Selain fitur tersebut, ada beberapa fitur lain yang juga sedang dikembangkan, seperti direct message dan verifikasi pengguna. Saat ini, Truth Social memang baru tersedia di Amerika Serikat, tapi pengembang menyatakan akan berupaya menghadirkannya ke negara lainnya dalam waktu dekat.

Dan seperti sudah disinggung di atas, pada tahap ini, Truth Social baru tersedia di iOS dan belum dapat dipastikan kapan meluncur di Android. Dalam situs resminya, perusahaan hanya menyebut aplikasi ini akan segera hadir di Play Store.

Usai dirilis, Truth Social masuk daftar aplikasi gratis teratas di App Store. Aplikasi ini secara otomatis diunduh ke perangkat Apple milik pengguna yang telah melakukan pre-order sebelumnya.

By admin