JawaPos.com- Kapten sekaligus bek tengah Jose Fonte termasuk satu di antara empat pemain Lille OSC yang pernah merasakan atmosfer Premier League.

Lainnya adalah winger Angel Gomes dan Hatem Ben Arfa serta gelandang Renato Sanches. Tapi, pengalaman Fonte memang yang paling panjang.

Bek veteran, 38 tahun, itu pernah menjadi bagian dari skuad Crystal Palace (2007–2010), Southampton FC (2010–2017), hingga West Ham United (2017–2018).

CV Fonte semestinya bisa bertambah seandainya dia sukses saat menjalani trial di Chelsea.

Ya, Chelsea yang dihadapi Fonte dini hari nanti (23/2) pernah memintanya mengikuti seleksi pada 2004.

’’Aku menjalani trial (di Chelsea) ketika usiaku 20 tahun dan aku masih memperkuat Felgueiras (klub yang kini berkiprah di kasta keempat Liga Portugal, Red),’’ kenang Fonte.

Fonte mengakui sosok pelatih top Portugal Jose Mourinho yang saat itu menangani Chelsea jadi alasannya tertarik mengikuti trial di klub asal London Barat tersebut.

Mourinho juga tengah naik daun setelah membawa FC Porto memenangi Liga Primeira dan Liga Champions musim 2003–2004. Karena itu, Fonte sangat berharap bisa jadi anak asuh The Special One –julukan Mourinho.

Ternyata, Fonte hanya menjalani trial di tim cadangan (reserve) atau bukan tim utama. ’’Ketika aku datang, aku malah berlatih dengan tim cadangan, bersama para pemain yang kebanyakan masih berusia 16 tahun,’’ beber Fonte.

Kenyataan itu pun tidak bisa diterima Fonte. ’’Aku bertahan di sana (London) hanya sepekan sebelum akhirnya aku memilih pulang lagi ke Portugal,” kata bek yang turut mengantarkan timnas Portugal memenangi Euro 2016 dan UEFA Nations League A 2018–2019 itu.

Terkait memori di Premier League, Fonte merasa beruntung pernah berada dalam satu tim dengan pemain top seperti Sadio Mane dan Virgil van Dijk di Soton –sebutan Southampton FC.

Itu sebelum Mane dan Van Dijk digaet dan jadi bintang di Liverpool FC.

”Pernah berpasangan dengan bek terbaik dunia seperti Van Dijk dan memiliki (Sadio) Mane sebagai pencetak gol adalah momen-momen indahku di sana (Premier League, Red,” ungkapnya.

By admin