JawaPos.com – Dalam masa-masa pengambilan keputusan dalam hidup, umumnya pada pendidikan, terkadang ada masa di mana seseorang mengambil rentang waktu untuk lanjut ke tahap berikutnya. Periode tersebut dinamakan gap year, yakni masa untuk rehat dari proses pendidikan yang telah dijalani.

Kebanyakan orang pun menganggap bahwa pengambilan jeda tersebut kurang bermanfaat, sebab dinilai telah menunda masa depan atau menganggur. Namun, bukan berarti seseorang yang mengambil masa istirahat tersebut dapat dicap negatif.

Pasalnya, beberapa universitas ternama seperti Harvard University mendukung siswa mengambil gap year, karena terdapat manfaat positif yang didapatkan. Misalnya menemukan keahlian yang akan ditekuni di masa depan.

Bahkan berdasarkan riset dari Gap Year Association, para responden menyatakan bahwa mereka dapat mengembangkan skill internal dan eksternal selama gap year tersebut. Antara lain kemampuan berkomunikasi, adaptasi dan pengarahan diri dalam masa transisi menuju jenjang selanjutnya, baik itu kuliah maupun kerja.

Namun, untuk dapat mengembangkan diri pada masa gap year itu, siswa harus terlebih dulu menentukan hal apa yang ingin didapatkan selama masa jeda tersebut, yakni menentukan kegiatan apa yang bisa dilakukan.

Jika ingin melatih soft skill seperti kemampuan adaptasi, bekerja dalam tim, komunikasi, empati dan rasa percaya diri, siswa bisa mengisi gap year dengan menjadi relawan untuk kegiatan-kegiatan sosial. Sementara untuk mengembangkan keterampilan di dunia kerja, siswa juga bisa mencari magang, bekerja part time, atau memulai bisnis online.

Sedangkan untuk mengasah hard skill, siswa dapat mengikuti kursus, baik online maupun offline, yang mengajarkan kemampuan-kemampuan teknis sesuai minat dan kebutuhan siswa. Terakhir, masa gap year juga dapat dimanfaatkan untuk mendalami materi untuk persiapan seleksi masuk perguruan tinggi yang lebih matang.

Agar dapat masuk ke perguruan tinggi favorit ini, kalian dapat memanfaatkan waktu yang ada untuk mengembangkan diri melalui latihan soal, salah satunya melalui platform Ruangbelajar by Ruangguru. Adapun, Ruangbelajar by Ruangguru ini menyediakan berbagai materi dan latihan soal dalam membantu siswa mempersiapkan seleksi masuk perguruan tinggi dan UTBK selama gap year.

Ruangbelajar sendiri merupakan platform bimbel online mandiri yang dilengkapi dengan video belajar full animasi, latihan soal, pembahasan, serta rangkuman materi pelajaran yang dapat diakses kapan pun dan di mana pun secara fleksibel. Bahkan terdapat 26.500 konten video belajar beranimasi, mencakup video konsep dan juga video pembahasan soal yang dijelaskan oleh para tutor berkompeten.

Video pembelajaran di Ruangbelajar ini menerapkan metode problem-based learning, yaitu pembelajaran yang menekankan penerapan solusi dari masalah yang terjadi di kehidupan sehari-hari, sehingga lebih mudah dipahami untuk anak.

Spesial untuk siswa yang hendak melanjutkan kuliah, Ruangbelajar juga telah menyediakan layanan khusus UTBK, kalian nantinya akan dibantu dalam persiapan UTBK. Semua materi pelajaran dan dengan kurikulum juga sesuai dengan kurikulum nasional, mulai kelas 10-12 SMA/SMK.

Ditambah lagi terdapat lebih dari 250 ribu bank soal dari 5 tahun akademik yang dapat di download dan dikerjakan secara offline. Persiapan UTBK yang ada mulai dari prediksi soal UTBK, soal TPS, pembahasan soal saintek, pembahasan soal soshum, dan tryout UTBK berbasis HOTS disesuaikan dengan ketentuan ltmpt.ac.id.

Jadi, agar dapat memanfaatkan waktu dengan optimal pada saat gap year demi meningkatkan kualitas diri, kalian sangat bisa untuk menjadikan Ruangbelajar sebagai media pengembangan diri ketika berada dalam masa-masa tersebut.

By admin