JawaPos.com–Vaksin ketiga sebagai immune booster bagi tenaga kesehatan (nakes) mulai diberikan di Surabaya. Namun, tidak semua nakes langsung mendapatkan vaksin.

Beberapa RS membagi nakes ke dalam beberapa periode. Salah satunya adalah RS Katolik St Vincentius a Paulo (RKZ) Surabaya. Periode pertama pemberian vaksin ketiga bagi nakes dilakukan pada Selasa (10/8). Sejak pagi, belasan nakes memadati salah satu ruang rawat inap di Gedung St Yosep.

Kepala Bidang Hospital Development & Relation RKZ Agung Kurniawan Saputra menjelaskan, pihaknya sudah mengajukan vaksinasi ketiga bagi 1.200 nakes. ”Pemberiannya bertahap. Untuk periode pertama ini diberikan untuk 240 nakes,” terang Agung.

Vaksin tersebut merupakan alokasi dari Dinas Kesehatan Surabaya. Sebanyak 1.200 nakes tidak bisa langsung mendapatkan vaksin karena harus bertahap. ”Hari ini (10/8), kami dapat 16 vial. 1 vial digunakan untuk 15 nakes,” tutur Agung.

Agung menjelaskan, butuh 6 tahap vaksinasi ketiga untuk bisa menjangkau seluruh nakes  Manajemen RS RKZ juga meminta nakes untuk mengambil libur keesokan harinya.

”Kami edukasi supaya segera istirahat dan mengurangi aktivitas fisik. Jadwal vaksin berikutnya Jumat dan Sabtu (14/8). Jumlah yang diberikan saya rasa sama seperti hari ini (10/8), sebanyak 16 vial,” ujar Agung.

Sementara itu, di RSI Jemursari, sudah 182 nakes yang menerima vaksin ketiga. Direktur Utama RSI Jemursari Bangun Trapsilla menjelaskan, pihaknya sudah mengajukan seluruh nakes untuk mendapat vaksin booster tersebut.

”Total ada 867 nakes di RSI Jemursari. Kami sudah mengajukan seluruhnya untuk mendapatkan vaksin booster,” papar Bangun Trapsilla.

Sebanyak 182 nakes sudah mendapatkan vaksin pada Jumat (6/8). Bangun mengaku belum tahu jadwal vaksin ketiga berikutnya.

”Kemarin sudah dikasih 13 vial. 1 vial bisa untuk 14 nakes,” jelas Bangun.

Untuk sistem pemberiannya, vaksin hanya akan diberikan kepada nakes yang memiliki jadwal libur keesokan harinya. ”Supaya tidak ada KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Kalaupun ada, besok mereka bisa istirahat,” ucap Bangun.

By admin