JawaPos.com – Mengatasi kekurangan stok plasma konvalesen, puluhan prajurit Puspenerbal Lanudal Juanda menggelar donor plasma konvalesen. Aksi itu dilakukan untuk misi kemanusiaan sekaligus peringatan HUT Ke-57 Lanudal Juanda. Kegiatan tersebut akan diadakan secara rutin. Terutama bagi prajurit yang menjadi penyintas Covid-19.

Donor plasma konvalesen dilaksanakan di UDD PMI Surabaya, Senin pagi (9/8). Kegiatan itu diikuti 27 prajurit. Mereka sebelumnya lolos uji skrining oleh tim medis. Tepatnya pada Kamis (5/8) di Wisma Perwira Lanudal Juanda. ’’Ini aksi peduli Covid-19,’’ kata Komandan Lanudal Juanda Kolonel Laut (P) Muhammad Tohir.

Sebelumnya, terdapat 75 prajurit yang masuk daftar proses skrining donor plasma konvalesen. Hanya, tidak semuanya lolos karena beberapa faktor. Nah, dari jumlah itu, hanya 27 prajurit yang diperbolehkan donor plasma konvalesen. Salah satunya, Kolonel Laut (P) Mohammad Tohir.

Proses donor dilakukan bertahap selama dua hari. Tahap pertama kemarin diikuti 17 prajurit, sisanya besok. Hal itu dlakukan sebagai antisipasi banyaknya antrean. Sebab, lokasi tempat donor juga terbatas. Menurut Tohir, kegiatan tersebut menjawab kelangkaan plasma konvalesen beberapa waktu lalu. ’’Harapannya, aksi ini bisa memenuhi ketersediaan plasma konvalesen sehingga bisa digunakan untuk membantu pasien Covid-19,’’ paparnya.

Apalagi, di Lanudal Juanda juga terdapat puluhan prajurit yang menjadi penyintas Covid-19. Hal tersebut tentu harus dimanfaatkan untuk aksi kemanusiaan. Karena itu, kata Tohir, donor plasma konvalesen tidak hanya dilakukan sekali, tapi setiap saat sesuai jadwal yang diperbolehkan.

’’Saya berharap kesadaran prajurit bisa meningkat,’’ terangnya.

Tohir juga berharap kegiatan serupa tak hanya dilakukan di Surabaya, tapi juga di semua wilayah. Dengan begitu, stok plasma konvalesen aman. Sebab, sampai saat ini masih banyak yang membutuhkan.

Dewan Kehormatan PMI Kota Surabaya Totok Sudarto mengatakan, pihaknya senang bisa bekerja sama soal donor plasma konvalesen. Petugas juga siap jemput bola untuk melakukan skrining di lokasi. Harapannya, upaya tersebut bisa mempermudah para calon pendonor konvalesen.

Dia menambahkan, berbagai kerja sama memang dijalin PMI dengan semua pihak. Mulai TNI, Polri, hingga BUMN. Tujuannya, mencari sebanyak-banyaknya pendonor konvalesen. Dengan demikian, stok plasma konvalesen di PMI Surabaya aman.

’’Jadi, kalau ada yang membutuhkan, plasma konvalesen bisa langsung diambil tanpa antre lama,’’ terangnya.

 

By admin