JawaPos.com – Pemerintah telah memperpanjang Perberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di sejumlah wilayah. Wilayah DKI Jakarta sendiri masih berstatus Level 4, meskipun kasus Covid-19 sudah mulai menurun.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyambut baik ihwal perpanjangan PPKM ini. Dia berharap dengan perpanjangan ini bisa terus menekan kasus baru.

“Dengan ada perpanjangan seminggu kedepan angka menurun akan lebih signifikan lagi lebih baik lagi sehingga kita bisa memutus mata rantai penularan Covid di Jakarta,” kata pria yang biasa disapa Ariza itu kepada wartawan, Selasa (10/8).

Ariza menjelaskan, Jakarta adalah pusat interaksi warga. Sehari-hari warga dari daerah penyangga berdatangan untuk berbagai urusun. Dengan begitu, rentan terjadi  kerumunan.

Lebih lanjut, politikus Partai Gerindra itu mengungkapkan, sampai saat ini di DKI Jakarta Bed Occupancy Rate (BOR) atau keterisian tempat tidur sudah turun sampai dengan 39 persen. Sedangkan ICU turun sampai dengan 65 persen.

“Ini pertanda baik, untuk itu jangan kendor jangan abai, laksanakan protokol kesehatan secara ketat,” imbuhnya.

Sementara itu, Pemprov DKI Jakarta mencatat angka vaksinasi Covid-19 dosis 1 di DKI sudah mencapai 8,4 juta dosis. Pemprov bahkan telah menaikan target vaksinasi menjadi 11 juta orang dari 8,8 juta.

Adapun jumlah kasus aktif di Jakarta pada 9 Agustus 2021 turun sejumlah 286 kasus. Sehingga jumlah kasus aktif sebanyak 10.356 dengan status masih dirawat atau isolasi. Sedangkan, jumlah kasus Konfirmasi secara total di Jakarta sebanyak 832.226 kasus.

Dari jumlah total kasus positif, total orang dinyatakan telah sembuh sebanyak 809.087, dengan tingkat kesembuhan 97,2 persen. Total 12.783 orang meninggal dunia dengan tingkat kematian 1,5 persen.

Untuk positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 10,9 persen. Sedangkan persentase kasus positif secara total sebesar 15,1 persen. WHO juga menetapkan standar persentase kasus positif tidak lebih dari 5 persen.

“Namun demikian masyarakat tetap kami minta berdiam diri di rumah sebagai tempat terbaik, dan laksanakan prokes 5M secara disiplin dan tanggung jawab. Ketiga juga laksanakan PPKM level 4 ini secara baik,” papar Ariza. (*)

By admin