JawaPos.com–Banyak pedagang dan pekerja di mal yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19. Alhasil, banyak tenant yang masih tutup meski mal sudah diperbolehkan buka selama masa perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4.

”Seorang pedagang asal PTC dan Royal Plaza wadul (lapor) ke saya. Dia mengaku belum berani membuka toko karena banyak pekerja yang belum vaksin,” tutur Anggota Komisi A DPRD Kota Surabaya Josiah Michael, pada Selasa (10/8).

Josiah pun menghimpun data dari beberapa pedagang mal. Hasilnya, banyak yang belum buka karena tidak ada imbauan dan informasi untuk vaksinasi.

Sosok pebisnis itu pun kemudian menyapa penyewa tenant di Royal Plaza Surabaya. Sambil berkeliling, dia menanyai penyewa tenant apakah sudah divaksin atau belum.

Halo mbak. Apakah sudah vaksin?” tanya Josiah kepada salah seorang penjaga tenant ponsel dan aksesoris elektronik.

”Belum, Pak,” jawabnya.

”Baik, mbak. Sehat selalu ya. Semangat terus mbak!” tutur Josiah.

Josiah Michael kemudian berjalan menuju area gerai pakaian di lantai 4. Di sana, dia menyapa seorang pedagang yang sedang menata pakaian.

”Saya sudah vaksin, Pak. Dari kelurahan. Tapi baru 1. Katanya stoknya masih habis,” tutur pedagang itu kepada Josiah Michael.

Josiah pun meminta pedagang itu untuk bersabar. Anggota dewan dari dapil 4 itu menenangkan pedagang berjilbab tersebut.

”Baik mbak. Saya sampaikan ke Pemerintah Kota Surabaya ya. Mohon bersabar. Sehat selalu mbak,” tutur Josiah Michael.

Josiah menyayangkan tidak adanya vaksin yang disediakan khusus untuk pedagang di mal. Dengan terjun langsung ke lapangan seperti sore ini (10/8), dia mengaku lega bisa mendengar curhat dari pedagang dan warga.

”Saya dapat beberapa aduan. Jadi hari ini (10/8) saya cek langsung ke mal. Langsung ke lapangan. Kira-kira apakah benar aduan itu. Kemudian solusinya apa,” beber Josiah Michael.

Menurut dia, seharusnya pemerintah memberikan space atau spare vaksin khusus bagi pedagang mal. Dengan begitu, perekonomian di mal bisa bergerak kembali.

”Meski begitu, saya apresiasi kerja pemerintah kota untuk vaksinasi masal,” jelas Josiah Michael.

Untuk itu, dia berharap agar vaksinasi masal segera dilakukan dengan salah satu fokus untuk pekerja mal.

By admin