JawaPos.com – Singapura kini tengah mengembangkan vaksin mandiri yang merupakan hasil kerja sama dengan Amerika Serikat. Uji klinis lokal akan segera dimulai untuk dua vaksin Covid-19, yang dikembangkan oleh perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat untuk menargetkan empat varian Covid-19 yang menjadi perhatian, termasuk Delta.

Uji klinis tahap awal baru saja mendapat persetujuan dari Health Sciences Authority. Uji klinis akan mengevaluasi keamanan vaksin dan respons imun terhadap varian Alpha, Beta, Gamma, dan Delta, dan kemungkinan suntikan booster untuk orang yang divaksinasi. Vaksin tersebut dikembangkan oleh perusahaan farmasi Arcturus Therapeutics, bekerja sama dengan Duke-NUS di Singapura.

Uji coba ini bertujuan untuk merekrut sukarelawan sehat, baik pria maupun perempuan, yang berusia antara 21 dan 65 tahun. Vaksin akan dikelola oleh Unit Kedokteran Investigasi SingHealth, yang dipimpin oleh Associate Professor Jenny Low.

Prof Low mengatakan kepada The Straits Times bahwa dua vaksin baru, ARCT-154 dan ARCT-165 akan diuji bersama dengan vaksin ARCT-021 asli. Vaksin tersebut akan dilihat efektivitasnya terhadap varian Covid-19.

“Kami akan membandingkan ketiga vaksin tersebut dengan satu vaksin. lain untuk keamanan dan perlindungan antibodi mereka,” katanya seperti dilansir Straits Times.

Vaksin ARCT-021, yang sebelumnya dikenal sebagai vaksin Lunar-Cov19, masih menjalani uji klinis fase dua, yang dimulai awal tahun ini. Itu dikembangkan bersama oleh Duke-NUS dan Arcturus Therapeutics, dan menargetkan virus Sars-CoV-2 asli atau tipe liar. Vaksin ARCT-154 menargetkan mutasi protein lonjakan D614G yang telah menjadi dominan secara global, sedangkan vaksin ARCT-165 menargetkan mutasi virus yang lebih luas.

Beberapa vaksin messenger ribonucleic acid (mRNA) saat ini memiliki efektivitas yang lebih rendah dalam melindungi terhadap penyakit simtomatik dalam hal menargetkan varian tertentu. Prof Low mengatakan suntikan booster mungkin diperlukan untuk vaksin ini di masa depan karena virus akan terus beredar. Sidang sedang dilakukan sebagai uji coba fase satu/dua.

Uji coba fase pertama menguji keamanan vaksin, untuk memastikan tidak ada efek samping yang parah. Respons imun peserta juga akan diukur. Sebanyak 72 peserta akan direkrut. Itu terbagi 36 yang belum divaksinasi, dan 36 lainnya yang telah menerima suntikan vaksin Pfizer dosis kedua setidaknya enam bulan yang lalu.

Peserta akan diberikan salah satu dari tiga vaksin dalam dua dosis, terpisah satu bulan. Mereka yang telah divaksinasi akan menerima satu dosis vaksin.

Setelah keamanan vaksin dipastikan, uji coba kemudian akan berlanjut ke fase kedua yang akan melibatkan kelompok sukarelawan yang lebih besar dengan fokus pada respons imun peserta. Ini melibatkan pengukuran jumlah antibodi penetralisir dan sel-T, untuk memastikan bahwa vaksin dapat memberikan kekebalan jangka panjang terhadap virus dan variannya. Fase ketiga uji coba akan melibatkan ribuan sukarelawan kemudian dapat secara meyakinkan menentukan kemanjuran vaksin terhadap empat varian.

Arcturus Therapeutics mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa data pra-klinis telah menunjukkan bahwa vaksin ARCT-154 dan ARCT-165 mampu menginduksi imunogenisitas penetral yang kuat, atau respons imun, pada primata non-manusia ke empat varian.  Ketiga fase uji klinis untuk vaksin ARCT-154 juga telah disetujui di Vietnam. Skrining sukarelawan untuk uji coba tahap pertama telah dimulai.

Mereka yang memiliki kondisi kronis, seperti tekanan darah tinggi atau diabetes, harus memiliki kondisi yang stabil dan terkontrol dengan baik. Selain itu, para relawan tidak boleh memiliki riwayat anafilaksis (bentuk serius dari reaksi alergi) terhadap vaksin, dan tidak boleh memiliki riwayat Covid-19. Mereka tidak boleh berpartisipasi dalam uji coba Mers-CoV, Sars-CoV, dan Sars-CoV-2 sebelumnya.

By admin