JawaPos.com–Rumah Sakit Hermina di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, membangun tenda darurat untuk perawatan pasien Covid-19. Hal tersebut karena keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit itu sudah penuh.

”Kita di sini ada 60 tempat tidur untuk pasien Covid-19 termasuk ICU. Sampai saat ini penuh,” kata Manager Pemasaran Rumah Sakit Hermina Medan Hendrew seperti dilansir dari Antara, Senin (9/8).

Dia mengatakan, peningkatan keterisian tempat tidur Covid-19 di rumah sakit itu sudah berlangsung kurang lebih satu bulan. Hal tersebut akibat lonjakan kasus yang terjadi beberapa pekan terakhir.

”Dalam sehari, sebanyak 5 sampai 6 pasien Covid-19 yang dirujuk ke Rumah Sakit Hermina,” terang Hendrew.

Untuk menangani kebutuhan BOR tersebut, menurut dia, pihaknya membangun dua buah tenda darurat di halaman belakang rumah sakit itu.  ”Per hari itu bisa 5–6 pasien itu waiting list, karena ruang perawatannya memang penuh. Karena waiting list penuh kita tidak mungkin membiarkan pasien terlantar, kita memutuskan untuk mendirikan tenda,” tutur Hendrew.

Dia menambahkan, tenda darurat tersebut diperuntukkan untuk penanganan pasien Covid-19 dengan kondisi sedang hingga berat. ”Total ada sembilan tempat tidur di tenda ini,” ujar Hendrew.

By admin