JawaPos.com – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, yang sekaligus menjabat sebagai Ketua PPKM wilayah Jawa Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, saat ini kesadaran masyarakat terhadap pemakaian masker semakin meningkat. Menurutnya, kepatuhan penggunaan masker telah mencapai 82 persen atau meningkat 5 persen dibandingkan bulan Februari dan Maret 2021. Hal tersebut merupakan pekerjaan yang tidak mudah.

Sehingga, Luhut mengimbau agar seluruh masyarakat terus disiplin memakai masker untuk mencegah dan melawan virus Covid-19 varian delta. “Karena mungkin kita akan hidup bertahun-tahun ke depan dengan masker ini,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Senin (9/8).

Selain itu, Luhut juga meminta, meskioun angka kasus telah mengalami penurunan, masyarakat tidak perlu jemawa karena dunia masih diselimuti oleh pandemi dan varian baru masih menghantui. Sehingga, semua pihak harus bahu membahu menyelesaikan persoalan pandemi.

“Kita nggak perlu jemawa selesai, masih jauh dari selesai, ahli dunia katakan ini akan terus ke depan, cara hidup harus berubah, kami mohon semua harus bahu membahu sukseskan ini,” ungkapnya.

Pamerintah pun akan terus berupaya menekan kasus Covid-19 untuk bisa lebih terkendali. Salah satunya dengan memperpanjang PPKM level 4 di wilayah Jawa dan Bali. Dalam menangani Pandemi ini, Pemerintah mengedepankan masalah kehatian-hatian dengan baik.

“Jangan sampai perbaikan yang sudah kita capai susah payah kemudian menjadi sia-sia,” imbuhnya.

Luhut menambahkan, tentunya Pemerintah tidak bisa bergerak sendirian tanpa keterlibatan peran serta dan juga kesadaran masyarakat. “Masyarakat hari ini diharapkan memiliki kesadaran tinggi untuk berperan penuh dalam terus menjaga Protokol Kesehatan utamanya dalam melakukan penggunaan masker, agar kita semua dapat segera keluar dari badai pandemi ini,” pungkasnya.

By admin