JawaPos.com – Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko menyatakan komitmennya untuk terus menjaga hubungan baik dengan universitas yang ada di Indonesia. Salah satunya dengan memfasilitasi kampus dalam hal riset dan inovasi.

“BRIN itu enabler kampus menjadi world class university,” ungkap dia dalam FGD Peningkatan Produktivitas dan Pengelolaan Riset dan Inovasi, Senin (9/8).

Adapun, keyakinan itu ada dari kesamaan proyek yang dikerjakan oleh BRIN dan pihak kampus. Dirinya mengatakan bahwa BRIN dan kampus sama-sama bergerak dalam bidang riset.

“Dari riset itu kita yakin BRIN menjadi mitra kampus. Agar kampus di Indonesia menuju world class university,” kata dia.

Menurutnya, untuk menjadi world class university, kampus harus memiliki kemampuan riset yang baik. Dengan itu, akan lahir inovasi-inovasi yang akan membuat Indonesia lebih maju dari sekarang.

“Ketika basisnya sama-sama riset, yang dimana di sisi lain BRIN juga membutuhkan perguruan tinggi di situ kita akan maju bersama,” tambahnya.

Handoko mengatakan, pihaknya akan menunggu lahirnya para peneliti-peneliti muda dari kampus. Sebab, sumber daya manusia untuk dunia penelitian bukan hanya ada di lembaga riset.

“Sumber daya itu bukan hanya di lembaga riset. Tapi juga di perguruan tinggi mulai dari periset, dosen peneliti dan mahasiswa pasca sarjaca. Itulah sebenarnya sumber daya manusia periset utama,” tandas dia.

By admin