JawaPos.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) membagikan beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) kepada 970 mahasiswa. Mereka akan melakukan pertukaran mahasiswa di 59 perguruan tinggi yang tersebar di 28 negara.

Dirjen Pendidikan Tinggi Riset dan Tekologi (Diktiristek), Nizam menuturkan bahwa para mahasiswa tidak hanya menuntut ilmu di luar negeri. Akan tetapi, mereka juga harus membangun persahabatan di berbagai negara.

“Saya sangat berharap kalian nanti bisa menjadi duta bangsa, mengenalkan budaya nusantara, menjadi wakil Indonesia di perguruan tinggi di tempat belajar,” ujar dia dalam Pelepasan Mahasiswa Awardee IISMA Tahun 2021 secara daring, Senin (9/8).

Untuk itu, mahasiswa yang berangkat ke luar negeri sangat perlu menggambarkan keramahtamahan masyarakat Indonesia dan keberagaman Indonesia. Bertukar budaya kuliner juga bisa dilakukan para mahasiswa.

“Kenalkan juga pariwisata Indonesia, keindahan alamnya. Ceritakan tentang gunung, tentang danau, tentang laut dan sungai, hijaunya kepulauan dan kehangatan persahabatan bangsa Indonesia,” tambahnya.

Selaim itu juga dapat mengenalkan tarian daerah, bahasa daerah dan segala macam yang menjadi kebanggaan Indonesia yang memiliki budaya beragam. Diharapkan ketika selesai para mahasiswa dapat membagikan ilmu yang didapatkan.

“Semoga sehat selalu, sukses selalu saat kembali ke Tanah Air dalam keadaan sehat dengan berbagai pengalaman yang dapat ditularkan kepada teman-teman lainnya,” pungkasnya.

By admin