JawaPos.com–Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan, vaksinasi Covid-19 telah dilakukan kepada 68 persen warga. Pengakuan itu sejalan dengan ungkapan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bahwa Surabaya sudah mencapai herd immunity.

Sebelumnya, Surabaya dan Mojokerto disebut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai dua kota yang telah mencapai herd immunity. Sebab, kedua wilayah itu telah melakukan vaksinasi pada 70 persen dari total warga.

”Hari ini (7/8) yang sudah melampaui 70 persen, Kota Mojokerto. Mungkin sore ini (7/8) mungkin Surabaya karena kemarin sudah 69,8 persen,” ujar Khofifah.

Wali Kota Eri bersyukur vaksinasi sudah mencapai 70 persen sebelum vaksin habis saat ini. ”Insya Allah, Surabaya itu mungkin sudah 70 persen. Kemarin sudah 68 sekian persen,” kata Eri.

Meski demikian, saat ini Jatim kehabisan vaksin jenis Sinovac. Wali kota bersyukur Gubernur Khofifah sudah menyampaikan permohonan vaksin sebanyak 4,2 juta untuk Kota Surabaya.

”Alhamdulillah hari ini (7/8) turun AstraZeneca. Ini adalah yang diberikan gubernur tapi tenaga kesehatannya (vaksinator) dari Pemerintah Kota Surabaya,” beber Eri.

Capaian 70 persen itu, berkat kolaborasi berbagai pihak. Di antaranya Pemprov Jatim, Pemkot Surabaya, Panglima TNI, dan Kapolda.

Dilansir dari data satuan tugas Covid-19 Pemprov Jatim per Jumat (6/8), terdapat 31.826.206 warga yang sudah mendapat vaksin. Sebanyak 7.817.101 di antaranya sudah mendapat vaksin dosis pertama. Sementara itu, 3.477.411 sudah mendapat dosis kedua. Sehingga, 25 persen sudah mendapatkan dosis pertama dan 11 persen sudah mendapat dosis kedua.

By admin