JawaPos.com–Sebanyak 24 ribu dosis vaksin jenis moderna sudah didatangkan ke Surabaya pada Sabtu (7/8). Vaksin jenis moderna akan diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes) sebagai dosis ketiga berfungsi sebagai immune booster.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memastikan, vaksin itu akan segera didistribusikan kepada semua tenaga kesehatan. ”Ada 48 ribu tenaga kesehatan. Yang datang 24 ribu. Tapi sebenarnya kemarin sudah didata semua pasti dapat lah,” beber Eri.

Hanya saja, jumlah 24 ribu itu tidak langsung disuntikkan kepada nakes. Sebab, dampak atau kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) cukup riskan.

”KIPI-nya panas (demam) dan pusing. Kalau disuntik bareng semua bisa loro kabeh (sakit semua). Nanti bisa mandek pelayanan ini. Makanya kita melakukan bertahap,” ujar Eri.

Dia menarget seluruh nakes mendapat vaksin pada Agustus. Vaksin moderna harus tuntas diberikan kepada Nakes pada akhir Agustus.

”Jadi bertahap. Nanti insya Allah kalau turun 1 juta nanti kita hajar (vaksinasi) lagi,” ucap Eri.

Di Surabaya, menurut Eri Cahyadi, juga fokus melakukan vaksinasi dosis pertama. Salah satunya di DBL Arena. Menggandeng Jawa Pos dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, sebanyak 1500 dosis disiapkan.

Herd immunity segera tercapai. Vaksinasi dimasifkan,” tutur Eri.

By admin