JawaPos.com – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mencatat mulai terjadi kenaikan volume lalu lintas di DKI Jakarta. Untuk mengantisipasi itu, petugas disiapkan untuk menjaga ketat sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin.

“Kita lakukan pemeriksaan surat tanda registrasi pekerja (STRP). Pengetatan kembali karena ada peningkatan mobilitas,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi, Jumat (6/8).

Penjagaan dilakukan sejak pukul 07.00 WIB. Titik penyekataj dimulai dari Bundaran Senayan, Jakarta Pusat. Hasil pemantauan petugas, banyak warga yang tidak menbawa STRP.

“Banyak kita putar balik, jumlahnya tidak sempat hitung. Nanti ini (penyekatan) kita lakukan selama PPKM level 4,” jelas Sambodo.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk memperpanjang masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Pulau Jawa dan Bali. Perpanjangan PPKM Level 4 tersebut lantaran masih mewabahnya dan ditambah Covid-19 varian Delta di tanah air.

“Pemerintah melanjutkan PPKM Level 4 dari tanggal 3 sampai dengan 9 Agustus 2021 di beberapa kabupaten, kota tertentu dengan penyesuaian pengaturan aktivias dan mobilitas masyarakat sesuai dengan kondisi masing-masing daerah,” ujar Jokowi dalam jumpa pers di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (2/7).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menambahkan, PPKM Level 4 yang telah diberlakukan pemerintah dari tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021 telah membawa perbaikan di skala nasional dibandingkan sebelumnya. “Baik konfirmasi kasus harian, tingkat kasus aktif, tingkat kesembuhan dan presentase BOR,” katanya.

Pria asal Surakarta, Jawa Tengah tersebut berujar, adanya pembatasan mobilitas dengan memperpanjang PPKM Level 4 tersebut sejalan dengan langkah pemerintah memberikan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang terdampak.

By admin