JawaPos.com–Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito memaparkan langkah-langkah strategi yang bisa dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Medan, Sumatera Utara, untuk mengendalikan penyebaran Covid-19.

”Nantinya, sesuai roadmap dari pemerintah adalah mengendalikan Covid-19. Mengendalikan Covid-19 itu mengubah pandemi menjadi endemi,” kata Ganip Warsito seperti dilansir dari Antara saat meninjau tempat isolasi terpusat (isoter) di Gedung Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Medan, Jumat (6/8).

Dia memaparkan, ada strategi-strategi mengendalikan Covid-19. Yakni disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes), pembatasan mobilitas dan aktivitas masyarakat.

”Ini menjadi kunci. Kita harus mengubah perilaku masyarakat kita, harus disiplin terhadap prokes. Minimal perorangan memakai masker. Presiden sudah mewajibkan semua rakyat kita memakai masker. Karena ini cara memproteksi terpapar Covid-19 yang paling mudah,” ujar Ganip.

Strategi berikutnya yakni pengoptimalan pelaksanaan vaksinasi serta meningkatkan jumlah testing dan pelacakan kontak erat pasien Covid-19 atau tracing dan peningkatan perawatan atau treatment terhadap pasien. ”Ini senjata yang bisa mengubah atau mengendalikan pandemi menjadi endemi,” tutur Ganip Warsito.

Dia meminta seluruh komponen masyarakat mau bekerja sama menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. ”Virus ini sudah menyerang seluruh negara di dunia. Hampir 200 negara lebih terkena virus ini. Dan ini menjadi musuh bersama. Kita bisa atasi dengan melibatkan semua pihak,” ucap Ganip Warsito.

By admin