JawaPos.com–Situs resmi Covid-19 milik Jawa Timur diretas. Sejak Kamis (5/8) pukul 15.00, situs infocovid19.jatimprov.go.id hanya berlayar hitam. Di situs itu, hanya ada gambar kartun kucing dengan loreng cokelat dan hitam. Di bagian bawahnya, tertulis nama peretas. #hacked by And404_ SABUNMANDI CYBER TEAM.

Di bagian bawahnya, peretas menuliskan I don’t like online school. Thx. Begitu isi laman tersebut.

Ketika dikonfirmasi, juru bicara Satgas Covid-19 Jatim Makhyan Jibril mengakui hal tersebut. ”Memang sempat error kurang lebih 1–2 jam,” kata Jibril pada Kamis (5/8) sore.

Jibril berterima kasih kepada Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jatim karena telah memperbaiki website dalam waktu singkat. ”Tim dari Kominfo sudah memperbaiki. Saat ini web sudah dapat diakses kembali seperti sediakala,” terang Makhyan Jibril.

Ketika ditanya apakah peretas akan diselidiki dan diproses oleh Polda Jatim? Jibril mengungkapkan, Polda Jatim kini sedang menelusuri IP address hacker tersebut.

”Ini sedang ditelusuri IP address-nya, kemungkinan besar memang grup hacker,” ujar Jibril.

Per Rabu (4/8), kasus aktif Covid-19 di Jatim masih di angka 48.081. Sebanyak 4.192 dinyatakan sembuh dan 333 meninggal dunia.

By admin