JawaPos.com – Enam produsen dalam negeri di bidang elektronik dipercaya untuk membuat laptop Chromebook pertama di Indonesia. Mereka adalah Zyrez, Axioo, Evercross, SPC, TSM dan Advan.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Wikan Sakarinto mengatakan, para produsen akan memproduksi laptop tersebut pada 2022 mendatang. “Keenam produsen dalam negeri ini akan membantu memproduksi ratusan ribu laptop pada tahun 2022,” ujar dia dalam webinar Google for Education, Selasa (3/8).

Adapun dengan produksi massal laptop chromebook ini diharapkan dapat membuka lebih banyak lapangan pekerjaan, khususnya untuk para lulusan vokasi. “Tentunya kita harapkan dapat melibatkan ribuan anak muda Indonesia sebagai SDM dan tenaga kerja, khususnya dari siswa SMK,” terangnya.

Kolaborasi bersama dengan Google Indonesia ini juga akan meningkatkan pemahaman terkait teknologi informasi dan komunikasi di dalam negeri. Keterampilan yang lebih luas dalam bidang industri manufaktur dan bidang IT juga akan didapatkan.

“Serta tentu lebih lanjutnya akan menjadi salah satu misi aktif untuk membangun pilar perekonomian nasional,” tuturnya.

baca juga: Rogoh Rp 1,3 Triliun, Nadiem Sebar 190 Ribu Laptop ke 12 Ribu Sekolah

Sebab, dari industri elektronik dalam negeri ini diproyeksikan menghasilkan Chromebook potensial yang dapat diekspor ke luar negeri. “Di samping sebagai inisiasi untuk memfasilitasi perangkat pendukung pembelajaran digital yang dapat memberi kemudahan dalam penyelenggaraan pendidikan,” tutup Wikan.

By admin