JawaPos.com–Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar vaksinasi masal untuk mahasiswa, civitas akademi, dan masyarakat umum. Vaksinasi itu dihadiri Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, di Graha Unesa, Jalan Citra Raya Unesa, Lidah Wetan, Lakarsantri, pada Selasa (3/8).

Khofifah mengapresiasi kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan perguruan tinggi. Unesa merupakan perguruan tinggi kesekian yang membantu progress vaksinasi Covid-19.

”Warga Jatim semangat vaksin. Terima kasih perguruan tinggi sudah kasih partnership. Sebelumnya ITS dan Unesa. Minggu lalu Unair. Kemarin Universitas Islam Malang,” ujar Khofifah.

Sementara itu, Rektor Unesa Nurhasan mengatakan, ada sebanyak 5.000 dosis vaksin yang disiapkan. Sebanyak 3.000 dosis diperuntukkan bagi civitas dan mahasiswa. Sedangkan 2.000 dosis disuntikkan kepada masyarakat umum.

”Sebanyak 250 dosis di antaranya bagi driver ojek online,” terang Nurhasan.

Dalam pelaksanaannya, menurut Nurhasan, calon penerima vaksin tak perlu syarat yang berbelit. Cukup menyertakan identitas kependudukan, petugas langsung dilayani vaksinasi.

Gak ada (syarat khusus), KTP saja. Vaksin sudah kita siapkan,” jelas Nurhasan.

Unesa juga menggelar aksi sosial dengan membagikan 500 paket sembako bagi masyarakat kurang mampu. Ada juga kegiatan donor darah dan menyediakan tabung plus isi oksigen dengan harga terjangkau.

”Di samping vaksin juga ada donor plasma konvalesen untuk membantu saudara yang membutuhkan,” ucap Nurhasan.

Vaksinasi masal itu diharapkan bisa membantu upaya pemerintah dalam rangka menggencarkan vaksinasi, sekaligus membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity. ”Memutus mata rantai penularan Covid-19, supaya ada herd immunity,” ujar Nurhasan.

By admin