JawaPos.com–Anggota TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi menembak Kopengga Enumbi alias Yamu Enumbi, 28, anggota KKB di Kampung Puncak Senyum Distrik Irimuli, Kabupaten Puncak Jaya, Selasa (3/8). Korban saat ditangkap melakukan perlawanan hingga ditembak dan meninggal di TKP.

Kabidhumas Polda Papua Kombespol Ahmad Kamal seperti dilansir dari Antara di Jayapura menjelaskan, dari laporan yang diterima, Kopengga Enumbi terlibat dalam penyerangan Pospol Kulirik yang terjadi pada 4 Januari 2014. Dia membawa kabur delapan pucuk senjata api lalu.

”Yang bersangkutan masuk dalam DPO Ditkrimum Polda Papua sejak 5 December 2018. Selama ini, dia  berperan sebagai pencari logistik bagi pergerakan KKB Yambi di bawah pimpinan Lekagak Telenggen,” terang Ahmad Kamal pada Selasa (3/8).

Menurut Ahmad Kamal, Kopengga Enumbi alias Tamu Enumbi merupakan adik kandung dari Lerimayu Enumbi, KKB Yambi. Saat penembakan, anggota Satgas telah mengamankan tas yang di dalamnya ditemukan berbagai barang bukti, termasuk 11 butir amunisi jenis SS1 kaliber 5,56 mm.

Dia menambahkan, pelaksanaan penegakan terhadap Kopengga Enumbi alias Yamu Enumbi, KKB Yambi, merupakan hasil sinergitas antara Satgas Pamrahwan Yonmek 521/DY dan Satgas Pinang Sirih Yonif R 613/RA.

By admin