JawaPos.com–Salah satu aturan selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan selama pandemi adalah pembatasan pengunjung mal. Untuk itu, Kamar Dagang Indonesia (Kadin) mengusulkan agar pengunjung mal harus sudah vaksinasi Covid-19.

Usul itu dibenarkan Ketua Kadin Surabaya M. Ali Affandi. Menurut dia, ide usul tersebut dari Ketua Kadin Indonesia Arsjad Rasjid. Usulan itu adalah bentuk dukungan Kadin untuk memulihkan ekonomi Indonesia.

”Agar ekonomi segera pulih termasuk sektor yang terdampak yaitu pusat perdagangan,” ujar Ali Affandi.

Selama pandemi, dia mencatat, mal dan sektor retail lainnya sangat terdampak. Apalagi dengan adanya kebijakan PPKM darurat yang mengharuskan mal untuk tutup.

”Kadin Indonesia mengusulkan wacana tersebut untuk mencari titik temu kepentingan dunia usaha dan keselamatan masyarakat. Karena harus ditinjau dari aspek ekonomi, kesehatan, dan psikologi,” ungkap Ali Affandi.

Usul itu dirasa mampu mendukung program pemerintah tentang percepatan vaksinasi. Terlebih lagi, mal adalah salah satu tempat hiburan masyarakat, sehingga bisa menarik masyarakat untuk mau divaksin.

Ali Affandi juga mendukung usul vaksinasi itu bukan hanya untuk pengunjung mal, akan terapi juga untuk sektor ekonomi lain.

”Semua sektor ekonomi, tapi saat ini yang paling terdampak adalah mal dan retail,” ujar Ali Affandi.

Dengan adanya usulan tersebut, diharapkan sektor usaha kembali bisa bergerak tanpa harus mengorbankan aspek kesehatan. ”Meski sudah vaksin, protokol kesehatan harus tetap dijalankan,” tambah Ali Affandi.

By admin