JawaPos.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat untuk bisa bersabar mendapatkan vaksin Covid-19 dosis ketiga dari pemerintah.

Menurut Budi, vaksin ketiga hanya diperuntukan bagi tenaga kesehatan. Sementara jika masyarakat ingin mendapatkan vaksin dosis ketiga tidak bisa. Hal itu lantaran masih banyaknya masyarakat Indonesia yang belum menerima vaksin Covid-19 dosis pertama.

“Saya tolong pesankan ke sini, ke semua komponen masyarakat, tolong secara etika masih banyak rakyat Indonesia belum dapat vaksin dosis pertama ada 140 juta,” ujar Budi di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (2/8).

Menurut Budi, masyarakat Indonesia yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis pertama jumlahnya baru mencapai 70 juta. Sehingga pemerintah memprioritaskan kepada masyarakat yang belum mendapatkan vaksin dosis pertama.

“Baru mendapatkan vaksin sekitar 68 juta atau 70 juta. Masih ada 140 juta saudara-saudara yang belum mendapatkan akses vaksin pertama,” katanya.

“Jadi tolong sisanya berikan kepada 140 juta saudara-saudra kita yang belum mendapatkan vaksin ini,” tambahnya.

Budi mengerti perasaan masyarakat yang menginginkan vaksin Covid-19 dosis ketiga di tengah varian Delta yang mengganas ini. Namun pemerintah belum bisa memberikan vaksin dosis ketiga selain ke tenaga kesehatan.

“Tolong kita utamakan saudara-saudara kita 140 juta rakyat Indonesia yang belum mendapatkan akses terhadap vaksin,” ungkapnya.

By admin