JawaPos.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menegaskan vaksin Covid-19 dosis ketiga dipastikan hanya untuk para tenaga kesehatan di seluruh Indonesia. Budi pun melarang masyarakat selain nakes untuk mendapatkan vaksin Covid-19 dosis ketiga tersebut. Hal itu lantaran para tenaga kesehatan telah berjuang di garda terdepan dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini.

“Kami memastikan bahwa vaksinasi ketiga, booster dengan vaksin Moderna itu kita berikan ke seluruh tenaga kesehatan kita,” ujar Budi di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (2/8).

Budi menjelaskan, vaksin Monderna tersebut telah didistribusikan ke seluruh provinsi guna disuntikan kepada tenaga kesehatan. Sehingga tenaga kesehatan nantinya proteksi terhadap penularan Covid-19.

Baca Juga: 63 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Telah Disuntikkan ke Masyarakat

“Saya mohon sekali lagi agar segera disuntikan ke seluruh tenaga kesehatan kita, agar mereka lebih siap menghadapi kalau adanya nanti pasien Covid-19,” katanya.

Mantan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut berpesan kepada masyarakat untuk bersabar mendapat vaksin Covid-19 dosis ketiga. Sebab saat ini prioritas adalah tenaga kesehatan.

“Tolong berikan vaksin ke tenaga kesehatan yang harus berjuang mati dan hidup dalam perperangan pada pandemi ini,” ungkapnya.

Diketahui, kabar miring mengenai vaksinasi dosis ketiga ini sebelumnya ramai di media sosial. Seorang yang diduga influencer mendapatkan vaksin Covid-19 dosis ketiga di DPRD DKI Jakarta pada Selasa (27/7). Informasi tersebut membuat netizen geram karena dosis ketiga hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan.

Kabar itu sempat diunggah di Instastory milik @johandjayanto. Saat itu, Johan mengunggah tangkapan layar yang menampilkan diduga influencer tengah mendapatkan vaksin dosis ketiga. Kebetulan, Johan merupakan salah satu followers dari orang tersebut.

“Tuesday (Selasa) 9:18 AM. Vaccine shot x3: Booster,” tulis caption diduga influencer tersebut dalam tangkapan layar Johan.

Dalam foto tersebut juga terlihat logo DPRD DKI Jakarta. Namun sayangnya, foto diduga influencer dan nama akunnya disensor, sehingga wajah dan identitasnya belum diketahui.

Selain oleh akun @johandjayanto, kabar influencer mendapat vaksin ketiga ini juga diunggah oleh akun @cathydjaya yang mengunggah sebuah foto seorang yang mengaku divaksin tiga kali dengan latar gedung DPRD DKI Jakarta.

By admin