JawaPos.com – Grafik pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Kogabwilhan II terus menurun. Minggu (1/8), jumlah pasien yang dirawat tinggal 227 orang. Kondisi tersebut dimanfaatkan tim tenaga kesehatan (nakes) untuk relaksasi.

Mereka beristirahat. Namun, kewaspadaan tetap dilakukan sebagai langkah antisipasi jika suatu saat kembali terjadi lonjakan kasus.

Ketua Pelaksana Program Pendampingan Pasien Covid-19 RSLI Radian Jadid mengakui, kasus di Jawa Timur masih tinggi. Termasuk Surabaya. Namun, pasien yang dirawat di RSLI terus menurun. Yakni, pasien yang dirawat dalam kategori ringan dan sedang. ”Overload tidak lagi terjadi. Pasien baru bisa langsung masuk. Tidak perlu mengantre,” kata Jadid.

Penurunan pasien yang dirawat disebabkan banyak penderita Covid-19 yang memilih isolasi mandiri (isoman). Khususnya mereka yang dalam kategori OTG.

Sementara itu, upaya percepatan penyembuhan penderita Covid-19 terus dilakukan Koarmada II. Bantuan terus diberikan. Salah satunya, membuka posko pengisian tabung oksigen secara gratis.

Dansatgas Pengisian Oksigen Koarmada II Kolonel Laut (P) Agus Haryanto mengatakan, kegiatan pengisian tabung oksigen oleh Koarmada II terus berlanjut. Depo pengisian berlokasi di pertokoan Jalajaya. Operasional berlangsung selama 24 jam.

Selain rumah sakit, pengisian diperuntukkan masyarakat umum. Tidak hanya di Surabaya. Seluruh masyarakat di lingkungan kerja Koarmada II diperbolehkan memanfaatkan fasilitas tersebut.

Sejak beroperasi pada Rabu (28/7), sekitar 250 tabung telah diisi ulang. Untuk masyarakat umum, satu orang maksimal mengisi dua tabung oksigen. ”Persyaratan warga cukup membawa KTP saja. Sedangkan, rumah sakit harus menunjukkan surat pengajuan dari yang bersangkutan,” ucap Agus.

Pengisian tabung berukuran besar berlangsung di KRI-Semarang. Agus menjelaskan, agar pelayanan berjalan maksimal, posko dibuka selama 24 jam. Pihaknya belum bisa memastikan batas waktu pelayanan. Posko bakal tetap buka hingga masyarakat dan rumah sakit tidak lagi kekurangan oksigen. 

 

By admin