JawaPos.com – Sejumlah film menarik sengaja dihadirkan dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-76 tahun ini. Dua diantaranya adalah film terbaru dari aktor Hollywood Jhonny Deep berjudul Minamata dan film dokumenter Olimpiade, The Weight Of Gold.

Kehadiran dua film di atas dinilai relevan dengan semangat kemerdekaan dan etos kerja, serta bagaimana usaha untuk memaknai sebuah perjuangan. Film tersebut juga sudah melalui proses kurasi sebelum akhirnya ditayangkan di platform streaming.

“KlikFilm akan selalu menghadirkan film-film berbagai macam genre setiap bulannya. Selain itu juga akan ada film nasional yang akan hadir setiap bulannya. Kami akan terus berusaha untuk menghapus rasa dahaga pecinta film,” ujar Direktur KlikFilm, Frederica, dalam keterangan tertulis diterima JawaPos.com Senin (2/8).

Film Minamata tayang perdana dalam Festival Film Berlin 2020. Film ini diangkat dari buku karya Aileen Mioko Smith dan Eugene Smith dengan judul yang sama. Film arahan sutradara Andrew Levitas ini menceritakan tentang seorang fotographer bernama Eugene Smith (Johnny Deep). Ia mendapatkan tawaran akan sebuah proyek besar dari seorang pimpinan majalah Life bernama Robert Hayes (Bill Nighy) guna meliput situasi yang terjadi di Jepang.

Smith pun melakukan tugas dan tanggung jawabnya. Dia pergi ke Kota Minamata yang ternyata sedang dilanda kasus pencemaran merkuri. Di sana Smith mengungkap kasus tersebut dengan mengabadikan setiap momen yang ada di Minamata.

Dalam menjalankan tugasnya, Smith dihadapkan pada tantangan yang tentu tidak mudah. Ia harus berhadapan dengan sebuah perusahaan raksasa kimia bernama Chisso. Pencemaran merkuri diduga terjadi akibat ulah perusahaan tersebut sebagai dalang utamanya.

Selain itu, film dokumenter The Weight Of Gold juga tidak kalah menarik untuk ditonton. Film arahan sutradara Brett Rapkin ini mengangkat isu tentang kesehatan mental dari para atlet olimpiade. Film ini muncul pada saat pandemi dan menunda gelaran Olimpiade Tokyo 2020. Ini adalah penundaan pertama dalam sejarah olimpiade dan sangat berpengaruh pada kesehatan mental para atlet.

Baca juga: Deretan Film Besar Hollywood yang Siap Mengisi Bioskop di 2021

Sebagai ajang olahraga internasional, olimpiade tentu selalu dinantikan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Namun banyak yang tidak tahu bagaimana mental para atlet yang ikut berlomba dalam ajang olahraga ini. Nah, film dokumenter ini menghadirkan wawancara dari atlet-atlet yang pernah berlomba di Olimpiade. Seperti Michael Phelps, Jeremy Bloom, Lolo Jones, Gracie Gold, Bode Miller, Shaun White, Sasha Cohen, David Boudia, dan Katie Uhlaender.

Selain dua film di atas, juga ada puluhan film lainnya dari berbagai genre dihadirkan dibulan Agustus 2021 ini. Diantaranya adalah The White Storm 2 : Drug Lord, A Witness Out Of The Blue, serial anak Crayon Sinchan, Still Mine, Lore, Midway To Love,Masquerade dan lain-lain.

By admin