JawaPos.com–Wali Kota Medan, Sumut, Bobby Nasution meresmikan eks Hotel Soechi sebagai tempat isolasi terpusat (isoter) yang diperuntukkan bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan dan kategori orang tanpa gejala (OTG) pada Minggu (1/8).

”Total sudah ada dua tempat isoter yang dimiliki Pemerintah Kota Medan,” kata Bobby seperti dilansir dari Antara di lokasi eks-Hotel Soechi bersama Kapolrestabes Medan Kombespol Riko Sunarko dan Dandim 0201/BS Kolonel Inf Agus Setiandar, pada Minggu (1/8).

Wali kota mengatakan, tempat isolasi terpusat eks-Hotel Soechi memiliki kapasitas 240 kamar tidur. Tempat isoter itu diutamakan untuk penanganan pasien OTG.

”Kriteria yang kita utamakan adalah yang ringan dan OTG. Karena yang OTG ini lebih berperan dalam penyebaran Covid-19,” ujar Bobby.

Dia memastikan pasien yang menjalani isolasi di eks-Hotel Soechi tidak akan dipungut biaya alias gratis. ”Biayanya gratis. Ini enggak ada biaya sama sekali. Semuanya. Dari makan, vitamin, dan obat-obatan lengkap. Kita khususkan yang di dalam sini obat-obatan enggak boleh ada orang luar beli obat-obatan di sini,” terang Bobby.

Tempat isolasi terpusat itu dilengkapi dengan fasilitas olahraga. Seperti lapangan tenis, basket, dan sarana olahraga lain yang bertujuan untuk meningkatkan imun pasien Covid-19 guna mempercepat penyembuhan.

”Fasilitas kebugaran ada juga. Karena Covid-19 ini bukan hanya perkara minum vitamin, tapi imun kita bisa dibentuk dari perasaan hati kita apakah senang, gembira,” ucap Bobby.

Tempat isolasi terpusat tersebut akan diawasi dan dipantau tenaga kesehatan, agar kondisi kesehatan penghuninya dapat terjaga dengan baik. Sehingga, diharapkan mampu mencegah angka kematian akibat menjalani isolasi mandiri.

By admin