JawaPos.com – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyambut para atlet yang telah berjuang di Olimpiade Tokyo 2020. Rombongan kloter pertama ini disambut Menpora di VIP Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Kamis (29/7) sejak pukul 23.30 WIB.

Menyambut kedatangan para atlet tersebut, Menpora Amali menyampaikan selamat datang kepada para atlet, pelatih dan tim pendamping. “Kami menyambut secara resmi kedatangan gelombang pertama dari kontingen Indonesia yang terdiri dari beberapa atlet, pelatih dan pendamping,” kata dia dalam telekonferensi pers, Jumat (30/7) dini hari.

Ia juga menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak dapat hadir dalam kesempatan tersebut. Jokowi, kata dia akan memberikan apresiasi kepada para atlet, pelatih hingga tenaga pendukung di Olimpiade Tokyo 2020.

’’Saya juga sampaikan salam dari Bapak Presiden Joko Widodo, sekaligus ucapan terima kasih beliau dan juga atas nama pemerintah penghargaan dan aspirasi tinggi terhadap perjuangan para atlet, pelatih dan tenaga pendukung yang sudah berlaga di Olimpiade Tokyo,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menpora Amali juga menegaskan ke depan target Indonesia bukan laga di ajang-ajang seperti SEA Games dan Asian Games. Atlet-atlet Indonesia mulai saat ini dipersiapkan bisa mengukir prestasi di ajang Olimpiade. Hal itu juga termuat dalam Grand Desain Olahraga Nasional yang kini tengah dimatangkan.

’’Satu hal yang luar biasa, bagaimana yang juga kami sepakati dan sampaikan di berbagai kesempatan bahwa dengan adanya Grand Design Olahraga Nasional maka target utama kita adalah olimpiade, jadi olimpiade jadi sasaran utama kita, kemudian Asian Games dan SEA Games jadi sasaran antara, sehingga pembinaan kita berujung ke Olimpiade,” terang dia.

’’Karena olimpiade tempat multievent tertinggi dari olahraga dunia, oleh karena itu kita siapkan para atlet kita untuk prestasi tertinggi itu. Mereka tidak akan istirahat terlalu lama, karena saya dapat informasi kualifikasi olimpiade 2024 (Paris) akan dimulai,” sambungnya.

Menpora Amali juga menyampaikan rasa terima kasih kepada atlet-atlet yang telah menyumbangkan medali untuk Indonesia begitu juga atlet-atlet yang masih belum meraih prestasi. Ia berharap mereka yang belum sukses meraih prestasi tetap semangat dan bisa mempersiapkan diri kembali jelang tampil di Olimpiade Paris 2024.

Para atlet yang tiba antara lain Eko Yuli (angkat besi), disusul atlet lainnya yaitu Deni (angkat besi), Windy Cantika Aisah (angkat besi), Azzahra Permatahani (renang), Mutiara Rahma Putri (dayung) dan Melani Putri (dayung). Untuk para kontingen yang masih bertanding, mereka baru akan kembali ke Tanah Air pada 4 Agustus. (*)

By admin