JawaPos.com – Aktor sekaligus pelawak senior Urip Arphan, semasa hidup, diketahui sudah terkena stroke cukup lama. Kabar itu rupanya sampai ke telinga Deddy Mizwar dan menanyakan kondisinya kepada keluarga.

Sejak tahun lalu, Deddy Mizwar menyatakan bahwa ia akan memberikan bantuan finansial untuk membantu sang sahabat. Pernyataan tersebut diungkapkan ke Arif, salah satu anak dari Urip Arphan.

“Om Deddy baru tahu papa sakit setahunan ini, beliau nggak ngomong banyak. Beliau cuma bilang Insya Allah saya bantu tiap bulan,” kata Arif menirukan perkataan Deddy Mizwar saat ditemui usai pemakaman di TPU Kawi Kawi Kramat Sentiong Jakarta Pusat Jumat (30/7).

Sekalipun rutin memberikan bantuan dana setiap bulan untuk Urip Arphan, Deddy Mizwar tidak pernah datang menjenguk sang sahabat. Keluarga memahami karena situasinya kini memang serba sulit dengan adanya pandemi.

“Mungkin Pak Haji nggak mau menularkan atau membuat kita menularkan. Sama-sama saling menjaga, seperti itu,” tutur Arif.

Selain dari Deddy Mizwar, bantuan untuk Urip Arphan juga datang dari sejumlah lembaga. Diantaranya dari PARFI, PASKI, dan yang lainnya.

“Tapi saya sangat mengucapkan terima kasih kepada Pak Haji Deddy Mizwar karena beliau sangat baik. Beliau support tiap bulan untuk bapak kami. Kedekatan Pak Haji sama bapak memang sangat dekat,” ungkap Arif.

Urip Arphan yang wajahnya disebut-sebut mirip dengan Benyamin S, meninggal dunia pada Kamis (29/7) sore sekitar pukul 16.15 WIB. Dia meninggal di rumahnya di bilangan Depok Jawa Barat. Mendiang menutup lembaran hidupnya di usia 74 tahun.

Urip Arphan mulai menekuni dunia keaktoran sejak tahun 1970-an. Dia dikenal publik usai bermain dalam film Laila Majenun garapan sutradara Sjuman Djaja pada 1975.

Sampai akhir hayatnya, sudah lebih dari 50 film layar lebar dibintangi Urip Arphan. Beberapa di antaranya adalah film Si Doel Anak Modern, Donat Pahlawan Pandir, Sembilan Janda Genit, Begadang, Raja Dangdut, dan banyak lagi.

By admin