JawaPos.com – Jabatan paling diminati pendaftar calon aparatur sipil negara (CASN) ternyata jabatan penyusun laporan keuangan, terampil perencana, dan ahli pertama perencana. Sementara tiga terbawah yakni pengawas kemetrologian, terampil teknik pengairan, dan ahli pertama pengendali dan dampak lingkungan.

“Di Semarang, meski ada jabatan yang sepi tidak tergolong sepi banget. Ada 10 pendaftar saja, kami sudah anggap sepi. Beda dengan kota lainnya,” kata Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Kota Semarang, Litani Satyawati seperti dikutip Radar Semarang, Kamis (29/7).

Litani menyebutkan, ada 21.821 pelamar calon aparatur sipil negara (CPNS) dan 3.552 pelamar pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang mendaftar di Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang. Lowongan atau kebutuhan pegawai hanya 1.241 untuk CPNS dan 2.291 untuk PPPK. “Kalau dari segi peminat, luar biasa tinggi,” tambahnya.
Menurut dia, BKPP saat ini sedang melakukan verifikasi berkas pendaftaran para pelamar. Nantinya pendaftar yang tidak memenuhi syarat akan gugur. Dari catatannya, gugurnya pendaftar saat verifikasi karena IPK di bawah ketentuan, dan kurang persyaratan administrasi.

“Misalnya ketentuannya 3.00, namun 2 koma sekian mendaftar. Ada juga yang salah jurusan, ada juga yang berkas administrasi belum diunggah,” bebernya.

Pengunguman seleksi administrasi, lanjut dia, akan dilakukan secara serentak dengan pemerintah kabupaten/kota lainnya yakni 2-3 Agustus mendatang. Litani berharap, para pelamar segera mempersiapkan diri untuk menempuh seleksi kompetensi dasar (SKD). “Agar bisa lolos ke tahap berikutnya, pelamar harus bisa masuk minimal tiga besar pada tahap SKD. Untuk SKD nanti akan kami umumkan lebih lanjut,” pungkasnya.

By admin