JawaPos.com – Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar vaksinasi Covid-19 dari rumah ke rumah warga atau door to door di sejumlah titik di Banjarnegara, Jawa Tengah. Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono menyambut baik program tersebut.

Budhi mengatakan pihaknya mengapresiasi kegiatan BIN tersebut. Menurut dia, vaksinasi yang digelar secara door to door sangat efektif. “Ini sangat efektif sekali. Sangat efektif ya, bermanfaat gitu. Tidak membuang biaya gitu ya,” ujar Budhi di salah satu titik vaksinasi yang digelar di Desa Blambangan, Bawang, Banjarnegara, Rabu (28/7).

Dia menyebut program vaksinasi ini disambut baik para warganya. Budhi lantas mengaku terinspirasi dengan kegiatan vaksinasi secara door to door yang digelar BIN. “Insyaallah pemerintah kota Kabupaten Banjarnegara akan melakukan apa yang diberikan percontohan oleh Badan Intelijen Negara,” ucap dia.

Sementara itu, Kabinda Jawa Tengah, Brigjen TNI Sondhi Siswanto, mengatakan ada empat titik vaksinasi yang digelar BIN di Banjarnegara. Kemudian, satu titik lainnya dilaksanakan kegiatan bakti sosial (baksos).

Sondhi mengatakan, keempat titik yang menjadi lokasi vaksinasi tersebut adalah Desa Gembong, Desa Blambangan, Kelurahan Sumampir, dan Pondok Pesantren Al Fatah. Adapun satu titik lainnya yang menjadi lokasi baksos berada di Kelurahan Krandegan.

“Banjarnegara kita pilih setelah Semarang karena memang perlu mendapatkan perhatian terkait dengan penularan Covid, jadi kita untuk memutus mata rantai penularan Covid,” kata Sondhi saat berada di Ponpes Al Fatah, Canggah, Banjarnegara.

Dia menjelaskan, selain warga, kegiatan vaksinasi juga menyasar para pelajar dan santri. Menurut Sondhi, BIN menargetkan 3.000 vaksin di Banjarnegara.  “Jadi jumlah total vaksinasi yang dilaksanakan BIN pada hari ini sejumlah 3.000 vaksin, dari semua titik tadi kurang lebih 3.000 vaksin,” tutur dia.

Dalam kesempatan sama, salah seorang santri Ponpes Al Fatah, Nurul Fatimah mengaku senang mengikuti program vaksinasi ini. Dia pun berharap pandemi Covid-19 segera berakhir.

By admin