JawaPos.com-Lima pemain Persebaya Surabaya dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk masuk skuad Timnas Indonesia U-23. Mereka akan menjalani training camp atau pemusatan latihan di Korea Selatan sebagai persiapan menghadapi SEA Games 2021 di Vietnam yang bergulir Mei mendatang.

Soal pemanggilan terhadap kelima pemain Persebaya itu, sudah tertera dalam surat PSSI yang dikirim ke sekretariat tim pada Selasa (5/4).

Kelima Persebaya yang dipanggil Shin Tae-yong adalah dua kiper Ernando Ari dan Andhika Ramadhani, lalu bek tengah Rizky Ridho, bek kanan Koko Ari Araya, dan gelandang serang Marselino Ferdinan.

Yang mengejutkan, adalah dipanggilnya kiper Andhika Ramadhani. Permainan impresifnya selama semusim membela Green Force, membuat STY menyertakan nama pemain asli Surabaya yang pernah menjaga warung kopi itu ke dalam skuad Timnas U-23.

Andhika mengawali kompetisi dengan status penjaga gawang ketiga. Tetapi, saat seri kedua, dia sudah dipercaya tampil. Sebab, kiper utama yakni Satria Tama masih cedera. Sedangkan kiper kedua Ernando Ari mendapatkan tugas membela timnas.

Pemain yang akrab disapa Dika itu mencatatkan tujuh kali cleansheet dalam 17 kali penampilannya bersama Persebaya.

“Alhamdulillah, tidak menyangka bisa ikut dipanggil. Membela timnas adalah impian semua pesepakbola, tentu saya sangat bahagia. Kesempatan ini tidak akan saya sia-siakan,” katanya dikutip dari situs resmi Persebaya.

Satu lagi pemain yang merasa bangga dipanggil timnas adalah Koko Ari Araya. Sebab, pemain yang dulunya sempat dipanggil oleh pelatih STY itu mengalami cedera ACL. Koko harus istirahat serta menjalani pemulihan cukup lama.

Koko baru kembali merumput pada seri keempat yang digelar di Bali. Namun, tidak butuh waktu lama baginya untuk kembali ke performa terbaiknya.

Dengan lima pemain tersebut, Persebaya adalah klub yang menyumbang pemain terbaik dalam skuad Timnas U-23 yang dipersiapkan ke SEA Games 2021. Persija Jakarta dan Persib Bandung menyumbangkan masing-masing empat dan tiga pemain.

Bahkan, pemain baru Persib yang dipanggil ke timnas yakni Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya, musim lalu adalah pemain inti di Persebaya.

Sementara itu, dikutip dari akun resmi PSSI, federasi memanggil 29 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan di Korea Selatan. Sebelum terbang ke Korea, para pemain diminta berkumpul di Jakarta. Mereka dijadwalkan berangkat pada pekan ini.

Daftar 29 Pemain yang Dipanggil untuk TC di Korea Selatan

1. Asnawi Mangkualam, Ansan Greeners
2. Bagas Amiruddin, Barito Putera
3. Muhamad Riyandi, Barito Putera
4. Irfan Jaya, Bali United
5. Egy Maulana, FK Senica
6. Witan Sulaeman, FK Senica
7. Elkan Baggott, Ipswich Town
8. Fachruddin Aryanto, Madura United
9. Ronaldo Joybera Kwateh, Madura United
10. Ernando Ari, Persebaya
11. Andhika Ramadhani, Persebaya
12. Rizky Ridho, Persebaya
13. Koko Ari, Persebaya
14. Rachmat Irianto, Persib
15. Marselino Ferdinan, Persebaya
16. Ricky Kambuaya, Persib
17. Marc Klok, Persib
18. Syahrian Abimanyu, Persija
19. Rio Fahmi, Persija
20. Irfan Jauhari, Persis
21. Braif Fatari, Persija
22. Muhammad Adisatryo, Persik
23. Muhamad Ridwan, Persik
24. Ramai Rumakiek, Persipura
25. Firza Andika, Persija
26. Hanis Saghara, Persikabo
27. Alfeandra Dewangga, PSIS
28. Saddil Ramdani, Sabah FC
29. Pratama Arhan, Tokyo Verdy

By admin