beritaterkini. co. id-TABANAN | Upacara pelantikan PKS tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Tabanan tahun 2023/2024, resmi dilantik dan dipimpin oleh Kapolres Tabanan AKBP LEO DEDY DEFRETES, S.H., S.I.K., M.H., pada hari Selasa ( 11/6 ) pukul 08.00 Wita s/d 08.45 Wita.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri, Dandim 1619 Tabanan, Kadisdikpora Kabupaten Tabanan / diwakili, Kadishub Kabupten Tabanan / yg mewakili, Kepala Sekolah se-Kabupaten Tabanan, PJU Polres Tabanan, Kapolsek Tabanan dan Kapolsek Kediri Polres Tabanan dan Peserta Upacara dan PKS SMA/SMK se-Kabupaten Tabanan.

Adapun amanat Kapolres Tabanan menyampaikan, Para peserta upacara bahwa Patroli Keamanan Sekolah pada awalnya bernama Polisi Keamanan Sekolah yang dibentuk pada tanggal 5 Mei 1975. ” Terbentuknya Polisi Keamanan Sekolah ini dilatar belakangi oleh rasa memiliki sekolah didalam menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan. Lingkup tugasnya pada saat itu yaitu hanya sebatas menjaga keamanan sekolah dari tindakan – tindakan yg dilakukan oleh siswa disekolah yg bersangkutan.” ujar LEO DEDY DEFRETES

Pada tanggal 5 Juni 1975 atas persetujuan dari Bapak Letkol Anton Soedjarwo yg saat itu menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya, Polisi Keamanan Sekolah ini berubah menjadi namanya menjadi Patroli Keamanan Sekolah. ” Karena perubahan ruang lingkup dari Patroli Keamanan Sekolah dalam bidang keamanan dipersempit hanya sebagai pengawas atau pemantau dari tindakan-tindakan negatif yg terjadi disekolah untuk selanjutnya dilaporkan kepada pihak Guru. Sementara untuk perluasannya yaitu di Bidang kelalulintasan, dimana seluruh anggota Patroli Keamanan Sekolah diajarkan pengaturan lalulintas dan sebagai perpanjangan tangan Polantas.” imbuh Kapolres Tabanan

Dari sejarah tersebut maka Patroli Keamanan Sekolah menjadi mitra Polri dalam menjaga Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas. Patroli Keamanan Sekolah saat ini menjadi ekstrakulikuler yg melatih para pesertanya untuk melaksanakan Pamswakarsa dan menciptakan suatu kegiatan yg positif dilingkungan sekolah melalui kegiatan yg ada dalam PKS seperti PBB, Ketertiban Lalulintas, Pengaturan Lalulintas dan Penyuluhan kenakalan remaja.

Selain itu, Terbentuknya Patroli Keamanan Sekolah bertujuan untuk membentuk kepribadian pelajar yg tanggap dan cekatan, berjiwa sosial serta berwawasan pengetahuan yg lebih baik. PKS juga sebagai suatu kebutuhan bagi pihak sekolah yakni mewujudkan Keamanan, Ketertiban dan Kedisiplinan di lingkungan sekolah.

Ditambahkan oleh bapak Kapolres bahwa ” kegiatan ini merupakan salah satu wujud bentuk kerja sama antara Polres Tabanan dengan Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Tabanan, Pelajar Pelopor dengan Diana Perhubungan dan ikut membantu kemanan Nasional bersama TNI-Polri yg sudah berjalan cukup baik dalam rangka membina dan mempersiapkan kader-kader bangsa, serta menciptakan situasi aman di sekolah sehingga proses belajar mengajar dilingkungan sekolah dapat berjalan dengan lancar.” tutupnya

Dalam kegiatan ini PKS se-Kabupaten Tabanan yg dilantik secara serentak berjumlah 428 orang. Besar harapan kami agar generasi muda ini menjadi pelopor keselamatan berlalulintas serta tetap dapat menjaga kemanan dilingkungan sekolahnya masing-masing. Akhir kegiatan ini kami ucapkan terimakasih terhadap seluruh pihak yg telah mendukung sepenuhnya atas kesuksesan kegiatan ini mulai dari tahap perencanaan, persiapan sampai dengan pelantikan dengan harapan kerja sama yg baik ini dikemudian hari kita dapat tingkatkan lagi guna bersama-sama mempersiapkan generasi muda sebagai sumber daya manusia yg handal di masa mendatang.

Setelah pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan peragaan baris berbaris dan pengaturan lalulintas oleh perwakilan PKS se-Kabupaten Tabanan.(red/kyn)

Artikel Kapolres Tabanan Lantik PKS Tingkat SMA/SMK Se-Kabupaten Tabanan Tahun 2023/2024 pertama kali tampil pada Berita Terkini.

By admin