JawaPos.com- Upaya percepatan vaksinasi Covid-19 untuk menuju herd immunity terus dilakukan. Tidak terkecuali di Kabupaten Gresik. Bekerja sama dengan Pemkab Gresik, Ikatan Alumni (IKA) Universitas Airlangga juga telah menuntaskan program vaksinasi jelajah kampung dan pesisir. Sekitar 10.000 dosis vaksin disuntikkan ke warga.

Pelaksanaan vaksinasi IKA Unair tersebut serentak dilaksanakan di sejumlah tempat wisata di Kabupaten Gresik. Yakni, Eduwisata Lontar Sewu, Menganti; Pasir Putih Delegan, Panceng; Wisata Alam Gosari, Ujungpangkah; Setigi Sekapuk, Ujungpangkah; dan Wisata Kuliner Kedungpring, Balongpanggang.

‘’Alhamdulillah respons masyarakat bagus. Serapannya tinggi. Untuk Gresik, total ada bantuan 10.000 dosis vaksin dari pengurus pusat IKA Unair. Yang 2.500 dosis menunggu,’’ kata Sektretaris IKA Unair Gresik Raya Dr dr Lestari, Sabtu (7/8).

Pelaksanaan vaksinasi di wisata kuliner Kedungpring, Balongpanggang, Sabtu pagi (7/8) misalnya. Warga tampak tertib untuk menjalani vaksinasi. Termasuk kalangan muda-mudi. ‘’Alhamdulillah, kami ikut bersyukur masyarakat Balongpanggang antusias sekali. Kami berharap kuota terus ditambah. Sebab, baru sekitar 30 persen warga sini yang sudah divaksin,’’ ujar Camat Balongpanggang M. Yusuf Ansori.

Program jelajah kampung dan pesisir IKA Unair itupun membuat cakupan vaksinasi di Gresik bertambah cukup banyak. Berdasarkan data dari Kemenkes per 7 Agustus 2021, vaksinasi dosis satu di Kabupaten Gresik sebanyak 274.462 orang. Capaian itu termasuk 10 besar untuk Provinsi Jatim. Berturut-turut capaian vaksinasi tertinggi di Jatim adalah Surabaya, Jombang, Sidoarjo, Banyuwangi, Kabupaten Kediri, Kota Malang, Kabupaten Blitar, Gresik, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Probolinggo.

Adapun cakupan vaksinasi dosis kedua untuk Kabupaten Gresik sebanyak 78.565 orang. Untuk dapat terbentuk herd immunity atau kekebalan komunal, minimal vaksin sudah disuntikkan kepada 70 persen penduduk. Jika total jumlah penduduk Gresik mencapai 1,3 juta jiwa, maka paling tidak vaksinasi menjangkau kepada 900 ribu orang.

Sebelumnya, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyatakan percepatan vaksinasi akan terus dilaksanakan. Bahkan, pemkab sudah melakukan rekruitmen relawan tenaga kesehatan (nakes). Begitu droping vaksinasi dari provinsi turun dalam jumlah banyak, tim relawan nakes itu akan langsung bergerak cepat. Dia optimistis akhir tahun ini vaksinasi akan tuntas.

 

 

 

By admin