JawaPos.com – Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI) mempersiapkan enam lifter untuk tampil di Kejuaraan Asia Angkat Besi.

Ajang itu berlangsung di Jinju, Korea Selatan, pada 3–13 Mei. Ajang tersebut juga menjadi rangkaian kualifikasi menuju Olimpiade Paris pada 2024.

Keenam atlet yang disiapkan, antara lain, Siti Nafisah (45 kg), Windy Cantika (49 kg), Nelly (59 kg), dan Siti Zarah (55 kg). Serta dua lifter putra Adi Nugroho (55 kg) dan Ricko Saputra (61 kg).

Pura Darmawan, manajer tim untuk Kejuaraan Asia Angkat Besi, menyatakan bahwa persiapan atlet di tengah Ramadan ini tetap maksimal.

”Ini sekarang masuk ke prakompetisi dan pengaturan berat badan segala macam,” paparnya.

Banyaknya atlet muda yang tampil tak terlepas dari atlet senior lainnya yang turun di SEA Games hampir berbarengan.

”Dengan atlet muda tampil di ajang sekelas kualifikasi Olimpiade, diharapkan bisa membangun mental bertanding,” tuturnya.

Pihaknya memiliki target lebih bagi Windy dan Ricko. Yakni, menaikkan ranking dan total angkatan.

Pada kualifikasi Olimpiade sebelumnya di Bogota, Kolombia, Desember 2022, Windy berada di peringkat ke-15 dengan total angkatan 176 kg (80 kg snatch dan 96 kg untuk clean and jerk).

Sementara itu, Ricko yang digadang-gadang sebagai penerus Eko Yuli Irawan berada di peringkat kelima dengan total angkatan 293 kg (132 kg snatch dan 161 kg clean and jerk).

By admin