JawaPos.com – Kondisi Cristalino David Ozora perlahan mulai membaik. Setelah 28 hari mendapat perawatan intensif, kondisi motorik David sudah mulai bisa merespons suara.

“Jadi saat ini kan Senin ke 5 dari kejadian. Progresnya secara motorik sudah semakin membaik. Artinya, dia saat ini sudah bisa merespons ke suara,” kata perwakilan keluarga David, Alto Luger kepada wartawan, Senin (20/3).

Namun, David belum bisa mengenali kondisi sekitar. Dia tidak tahu pula orang-orang di sekitarnya, termasuk lokasi dia berada.

“Jadi yg dilihat di Twitter seperti buka mulut, itu sudah merespons dengan sangat baik sekali. Tapi, dia masih belum mengenal ada di mana, di lingkungan seperti apa termasuk orang yang berhubungan dengan dia,” ucap Alto.

“Walaupun sesuai dengan perkataan dokter 2 minggu lalu selama dia di ICU, itu berarti kondisinya masih tetap kritis dan kami berharap dengan dukungan teman-teman juga, mudah-mudahan bisa secepatnya pindah ke bangsal perawatan inap biasa,” pungkas Alto.

Sebelumnya, pada hari ke-25 David sudah mulai bisa berdiri dan makan. Meski kesadarannya belum sepenuhnya normal.

“Kesadaran kuantitatif (motorik) menunjukan tingkat kenormalan tinggi, di mana pada terapi tilting table sudah bisa berdiri dengan baik, ototnya mampu menopang tubuhnya dengan baik,” kata Pengacara LBH Ansor, Mellisa Anggraini saat dihubungi JawaPos.com, Sabtu (18/3).

“Kesadaran kualitatif (kognitif) mengalami progres dimana hari ini sudah bisa menerima perintah sederhana seperti buka mulut, tegakan tubuh, kedip 2 kali, mengatakan iya dan lain-lain,” imbuh Mellisa.

By admin