Palembang, beritaterkini.co.id -Peresmian Kantor Sekretariat Percasi Kota Palembang Periode 2024- 2028 dan Turnamen Catur Terbuka se-kota Palembang, Sabtu (01/06/2024).

Dalam sambutannya Ketua Percasi Kota Palembang, KMS. Ahmad Idham Murni, S.E mengatakan peresmian kantor sekretariat Percasi kota Palembang ini sebagai rumah atau wadah untuk olahraga catur yang melahirkan bibit atlet yang hebat.

“Kami berharap adanya kantor baru ini menjadi wadah tumbuhnya bibit-bibit baru. Dan kami meminta seluruh stakeholder untuk memperhatikan lagi untuk olahraga catur ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Idham menuturkan, untuk peserta turnamen berjumlah 80 orang. Awalnya antusias masyarakat tinggi hampir 200 orang. “Tapi akhirnya kita batasi jadi 80 orang. Terdiri dari SD, SMP, SMA dan umum,” ucapnya.

“Setelah ini, kita akan lakukan kejuaraan kota Palembang. Itulah yang akan kita lakukan untuk persiapan Porprov,” tambah Idham.

Turnamen ini, sambung Idham, bertujuan untuk mencari bibit dan mengenalkan bahwa Percasi Palembang itu sudah ada wadahnya mereka untuk bermain, untuk mereka datang ke Kantor Sekretariat dan segala sesuatu ada tempatnya inilah percasi kota Palembang.

Ketika ditanya awak media terkait rencana Percasi Palembang untuk menggelar Liga Catur, Idham mengungkapkan, Liga Catur itu bisa menghidupkan kembali, supaya minat catur ini semakin bergairah.

“Liga Catur itu, kita ambil dari 28 klub untuk mendaftar dan akan melibatkan seluruh instansi, seperti Kodam atau kodim atau polres adakan acara catur supaya kami hadir termasuk Pemkot,” tandasnya.

 

Sementara itu, Ketua KONI kota Palembang, H. Anton Nurdin, H.P., S.T., S.H., M.Si mengatakan pihaknya mengapresiasi kepengurusan Percasi Kota Palembang periode 2024-2028 yang sudah sangat luar biasa.

“Hari ini Percasi Kota Palembang telah meresmikan kantor dan langsung menggelar turnamen catur. Ini sangat luar biasa,” ucapnya.

“Kalau klub-klub itu tentunya ke depan insya Allah akan semakin semarak. Jadi kami selaku ketua KONI sangat bangga dan sangat bahagia, semoga saja ke depan Pemerintah Kota Palembang dapat mendukung Percasi dan menjadikan olahraga catur ini unggulan di Kota Palembang,” tambah Anton.

Menurut Anton, Kepengurusan Percasi Kota Palembang 2024-2028 ini sudah luar biasa lebih.

“Sehingga tinggal hanya memolesnya saja. Kita mencari atlet catur kota Palembang yang betul-betul bisa bertanding ke tingkat nasional. Orang Palembang ini jago main catur, kalau stigma Sumut jago catur maka Sumsel lebih jago lagi,” ucapnya.

Ketika ditanya atlet catur yang akan dikirim ke PON, Anton menuturkan, untuk kota Palembang sudah ada satu akan diberangkatkan.

“Itu akan kita kawal dan insya Allah nanti dia pulang bawa medali,” pungkasnya. (DNL)

Artikel Gelar Turnamen Catur Terbuka se-kota Palembang, Ketua KONI kota Palembang Resmikan Kantor sekretariat Percasi pertama kali tampil pada Berita Terkini.

By admin